Image

Albothyl Dilarang BPOM, Coba Tips Obati Sariawan Gunakan Lidah Buaya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 20:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 481 1860298 albothyl-dilarang-bpom-coba-tips-obati-sariawan-gunakan-lidah-buaya-DkZUi8AsZ7.jpg Ilustrasi (Foto: Stylecraze)

BAIK itu lidah atau bibir, sariawan pasti akan membuat seseorang tersiksa. Karena, Anda menjadi susah makan akibat rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk mengatasinya, masyarakat biasanya menggunakan obat agar sariawan cepat sembuh.

Tapi, produk Albothyl yang selama ini dikenal oleh masyarakat untuk mengatasi sariawan ternyata mengandung bahan berbahaya. Ada kandungan policresulen yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit serius.

BPOM RI telah mengeluarkan surat edaran tentang pelarangan penggunaan produk Albothyl. Isinya menegaskan bahwa obat luar itu mengandung policresulen konsentrat sebesar 36% yang tidak direkomendasikan untuk menyembuhkan penyakit kulit hingga masalah gigi dan gusi.

Kalau sudah begini, tentu Anda sementara tidak akan menggunakan obat tersebut. Ingin mencari obat kimia lain? Tunggu dulu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba bahan-bahan alami terlebih dahulu. Sejumlah bahan alami dapat membantu mengobati sariawan yang menyiksa.

Salah satu bahan alami tersebut adalah lidah buaya. Ya, lidah buaya yang kita kenal baik untuk kesehatan rambut, ternyata dapat membantu mengobati sariawan juga.

Lidah buaya efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiinflamasi dan menenangkan. Hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan menutup luka sariawan dengan cepat.

Bahkan, lidah buaya dapat mencegah sariawan tersebut muncul kembali. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati sariawan?

Caranya cukup sederhana, seperti yang dilansir dari Top10remedies berikut ini:

- Siapkan ekstrak gel dari daun lidah buaya, kemudian terapkan langsung pada daerah sariawan

- Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas mulut dengan air hangat. Gunakan ramuan alami ini beberapa kali sehari selama beberapa hari

- Selain itu, ada juga dapat mengobati sariawan dengan membuat jus lidah buaya. Anda dapat minum jus lidah buaya 3 atau 4 kali sehari untuk mengobati sariawan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini