Image

Jangan Anggap Sepele Kutu Rambut, Simak Cara Perawatannya

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 22:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 15 481 1860320 jangan-anggap-sepele-kutu-rambut-simak-cara-perawatannya-YmY3DIBovK.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

RASANYA tidak ada orang yang ingin memiliki kutu di kepalanya. Bagaimana tidak, selain menurunkan kepercayaan diri, kutuan juga membuat kepala terasa gatal. Namun, adanya kutu di kepala adalah hal yang wajar.

Meskipun umumnya kutuan terjadi pada anak kecil, orang dewasa bisa juga mengalaminya karena hewan tersebut dapat menyebar melalui kontak kepala secara langsung. Kutu sulit dilihat secara kasat mata dan yang tampak biasanya hanya telur kutu karena berwarna kuning, coklat, atau putih. Maka tak heran banyak orang yang menggunakan serit untuk menghilangkannya.

 (Baca Juga: Albothyl Dilarang BPOM, Coba Tips Obati Sariawan Gunakan Lidah Buaya)

Melansir Express, Kamis (15/2/2018), menurut pakar kutu Ian Burgess, anak kecil biasanya memiliki kutu di kepala lebih dari sebulan. Banyak cara yang dilakukan orangtua untuk menghilangkan kutu. Mulai dari menggunakan mayones, minyak zaitun, telur mentah, hingga cuka yang dioleskan ke kulit kepala serta rambut. Tapi cara tersebut belum terbukti efektif dan malah ada yang mengklaim akan memperbanyak jumlah kutu. Lantas bagaimana cara menanganinya?

Kunci utama untuk menghilangkan kutu termasuk telurnya adalah menggunakan perawatan non-pestisida atau semprotan perlindungan yang terbukti secara klinis. Pilihlah semprotan atau obat yang mengandung dimeticone atau octanadiol karena efektif membunuh kutu tanpa menyebabkan keracunan pada tubuh. Selain itu, cara pemakaiannya pun harus mengikuti petunjuk dan dilakukan seminggu sekali.

Sebelum kembali menggunakan semprotan atau obat, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah masih ada kutu atau telur yang tersisa. Jika tidak maka tidak perlu digunakan kembali. Walau begitu, tidak menutup kemungkinan kutu bisa ada kembali. Alasannya karena produk belum digunakan dan diterapkan dengan benar.

  (Baca Juga: 4 Keuntungan Bertubuh Gemuk bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui)

Berikut cara penggunaan yang benar. Pertama, gunakan mulai dari ujung kepala dan kemudian diratakan menggunakan sisir atau jari. Pastikan rambut benar-benar basah oleh cairan obat. Kedua, tunggulah beberapa saat untuk membiarkan obat bekerja. Terakhir, cuci rambut menggunakan sampo atau membilasnya dengan air biasa.

Sementara itu, Ian menyarankan agar orangtua segera melakukan perawatan atau pembersihan kepada kepala anaknya yang memiliki kutu. Sebab kutu bisa juga menyebabkan impetigo yaitu infeksi kulit kepala yang sangat menular dan menyebabkan luka merah.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini