nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mapala UI Siap Menuju Puncak Gunung Everest pada 2019

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Jum'at 16 Februari 2018 16:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 16 406 1860562 mapala-ui-siap-menuju-puncak-gunung-everest-pada-2019-WI50EVReM0.jpg Tim Mapala UI di Puncak Vinson Massif (FOto: Dok. Mapala UI)

KEBERHASILAN pendaki dari Mapala UI menapakkan kaki di puncak Gunung Vinson Massif pada 6 Januari yang lalu memberikan kebanggaan dan semangat baru untuk tim tersebut.

Sebelumnya, Mapala UI sukses menginjakkan kaki pertama kali di puncak Gunung Cartensz (1972). Beberapa tahun kemudian tim Mapala UI berhasil mencapai empat puncak gunung lainnya yaitu Kilimanjaro (1983), Mckinley (1989), Elbrus (1990) dan Aconcagua (1993).

Melihat kesuksesan tersebut Mapala UI berencana untuk melanjutkan misi terakhir mereka menaklukkan puncak yang terakhir dengan pendakian Gunung Everest, Nepal, yang memiliki ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada tahun 2019 mendatang.

Dengan adanya dukungan dari kampus, Mapala UI semakin semangat dalam menjalankan pendakian tersebut. Seperti yang dikatakan oleh ketua Mapala UI, Yohanes Poda pada konferensi pers yang diadakan Mapala UI di Sekretariat ILUNI UI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis 15 Februari 2018.

 (Baca Juga: Cerita Dedi Satria, Anggota Mapala UI yang Berhasil Gapai Puncak Vinson Massif)

“Dengan keberhasilan Mas Dedi mencapai puncak Gunung Vinson Massif membuat kami semangat dan bertekad untuk melanjutkan misi terakhir yaitu pendakian puncak Mount Everest. Kami juga telah membicarakan hal ini kepada pihak kampus, khususnya Direktur Kemahasiswaan dan untungnya kami mendapat respon baik untuk rencana keberangkatan Everest pada tahun 2019," ujar Yohanes.

Sementara itu, berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari dana dan jumlah pendaki yang akan melakukan pendakian. Untuk biaya Mapala UI telah menargetkan 800 juta hingga 900 juta per orang. Selain itu, rencananya mereka akan memberangkatkan tiga sampai empat orang pendaki yang berasal dari mahasiswa dan juga alumni UI dalam menjalani misi tersebut.

  (Baca Juga: Rayakan Imlek, Soraya Larasati Kangen Makanan Buatan Nenek)

“Jadi kalo untuk mount everest kami akan menargetkan tiga sampai empat orang pendaki dengan jumlah biaya yang dikeluarkan 800 juta hingga 900 juta per orangnya," lanjut Yohanes.

Walaupun menghabiskan biaya yang besar, Mapala UI akan tetap melanjutkan dan menyelesaikan ekspedisi seven summits hingga mencapai puncak terakhir yaitu Mount Everest.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini