Ini Alasan Yogurt Layak Jadi Camilan Sehat Anda

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 02:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 18 298 1861233 ini-alasan-yogurt-layak-jadi-camilan-sehat-anda-2LN03Qw5WG.jpg Yogurt camilan sehat (Foto:Modernhoney)

 

JIKA dalam waktu dekat ini Anda hendak membeli belanja bulanan, pastikan memasukkan yogurt dalam daftar belanja. Sebuah studi yang dikeluarkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bahwa camilan bercita rasa manis ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan jantung Anda.

Konsumsi yogurt setidaknya dua gelas per minggu dianggap ampuh untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Studi ini telah menganalisa lebih dari 740.000 koresponden yang didiagona memiliki tekanan darah tinggi. Mereka memberikan sejumlah kuesioner kepada para peserta selama kurang lebih 30 tahun terkait konsumsi yogurt dan khasiatnya dalam menyembuhkan penyakit jantung serta stroke.

BACA JUGA:

Mengejutkan! Ternyata Ini Menu Makanan Ratu Elizabeth II

"Hipotesis kami menemukan, konsumsi yogurt jangka panjang dapat mengurangi masalah kardiovaskular. Beberapa penelitian kecil sebelumnya telah menunjukkan manfaat dari produk susu fermentasi tersebut," kata penulis studi Justin Buendia dalam siaran persnya.

Manfaat serupa juga dapat ditemukan pada beberapa produk fermentasi lainnya seperti kefir, keju, dan krim asam. Selama ini, kefir diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit dan usus. Sementara keju sangat digemari karena mengandung berbagai nutrisis esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Hasil penelitian terbaru kami memberikan bukti penting bahwa yogurt dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, apalagi jika dijadikan menu diet sehat yang dicampurkan bersama buah-buahan, sayuran, biji-bijian yang kaya serat dan nutrisi esensial lainnya," kata Buendia.

BACA JUGA:

Perkenalkan 'Lulwa' Mannequin Cake, Kue Pengantin Termahal di Dunia

Beberapa jenis yogurt mungkin lebih baik dari produk yang sering Anda temukan di pasaran. Kendati demikian, jika Anda tidak dapat menemukan produk yogurt berkualitas, ada cara ampuh untuk mengakalinya. Para peneliti sebetulnya tidak mengklasifikan camilan ini secara khusus. Namun menurut mereka, produk yogurt yang pada kemasannya terdapat bahasa Yunani atau Islandia dianggap lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Alasan yogurt sangat baik untuk kesehatan sebetulnya belum dapat dibuktikan secara terperinci, namun para peneliti menduga hal ini ada kaitannya dengan peningkatan "vascular stiffnes". Jadi, pada saat Anda memutuskan membeli kudapan untuk diletakkan di meja kerja, pertimbangkanlah secangkir yogurt dengan granola atau potongan buah-buahan segara. Ini adalah makanan yang benar-benar sehat untuk jantung Anda. Demikian dilansir dari The Daily Meal, Senin (19/2/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini