Sarapan Enaknya dengan Sajian Soto Padang Lezat Menggugah Selera

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 18 298 1861236 sarapan-enaknya-dengan-sajian-soto-padang-lezat-menggugah-selera-v8ryNfcJpr.jpg Soto padang (Foto:Ilustrasi/Tastemade)

 

TEKSTUR daging sapi yang renyah dibalut dengan irisan perkedel, suun, dan kuah kaldu gurih menjadi keistimewaan sajian soto padang. Berbeda dengan olahan soto lainnya, soto padang memiliki aroma yang sangat khas karena diolah menggunakan campuran bumbu rempah-rempah.

Jika ditilik lebih jauh, hidangan ini juga sangat praktis untuk diolah sehingga dapat disajikan dalam berbagai suasana, termasuk untuk menu sarapan. Tertarik untuk membuatnya? Berikut Okezone rangkumkan resep lengkap membuat soto padang untuk menu sarapan bersama keluarga. Sajikan bersama nasi putih hangat dan makanan pelengkap lainnya, selamat mencoba! Dikutip dari buku 30 Menu Akhir Pekan yang Patut Dicoba, karya Tim Dapur Media.

BACA JUGA:

Ingin Tidur Yang Nyenyak? Konsumsi 7 Makanan Ini

Bahan

400 gram daging tanpa lemak

1 sdt garam

1750 ml air

Minyak untuk menggoreng dan menumis

Haluskan

10 butir bawang merah

6 siung bawang putih

4 buah cabai merah

1 sdt merica butir

3 cm kunyit

2 sdt garam

4 cm jahe

3 batang serai, memarkan

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 lembar daun kunyit

2 batang daun bawang, iris-iris

1 keping asam kandis

BACA JUGA:

Mengejutkan! Ternyata Ini Menu Makanan Ratu Elizabeth II

 

Pelengkap

75 gram soun, seduh air panas, tiriskan

5 buah perkedel kentang, siap pakai

1 sdm bawang goreng, untuk taburan

1 tangkai seledri, iris halus

Kerupuk merah

 

Cara membuat

1. Rebus daging dengan garam sampai daging empuk. Takar kaldunya sebanyak 900 ml. Angkat dagngnya, lalu iris tipis. Pukul-pukul daging rebus sampai memarkan. Goreng dalam minyak panas sampai kering. Angkat dan sisihkan;

2. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama jahe, serai, daun salam, daun jeruk, dan daun kunyit sampai matang dan harum. Tuang kaldu daging, lalu masak dengan api kecil sampai mendidih. Tambahkan daun bawang dan asam kandis. Aduk dan didihkan sekali lagi. Angkat;

3. Siapkan mangkuk berisi soun, perkedel. Tuang kuah soto panas-panas. Taburi dengan daging goreng, dan irisan daun seledri. Sajikan dengan kerupuk merah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini