nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kampung Madras, 'The Little India' di Kota Medan yang Unik Banget

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Minggu 18 Februari 2018 21:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 18 406 1861218 kampung-madras-the-little-india-di-kota-medan-yang-unik-banget-pFkqHwfWKH.JPG Pembangunan Little India (Foto: Wahyudi)

Kawasan perkampungan India atau "Little India" pertama kalinya akan dibangun di Indonesia.

Perkampungan Little India ini berlokasi di Kelurahan Madras, Kecamatan Medan Petisah, Sumatera Utara.

Pembangunan tersebut, ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin, Minggu (18/2/2018).

Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, keberadaan Little India ini diharapkan dapat menjadi simbol keberadaan masyarakat India yang sudah sangat lama melebur bersama 8 etnis asli Sumatera Utara.

"Warga Kota Medan tidak pernah membatasi siapapun dari kelompok manapun untuk menjadi bagian dari sejarah kota ini. Maka dari itu, saya harap pembangunan Little India ini bukan jadi pembatas, justru menjadi penambah wawasan kebangsaan kita, sehingga kita lebih menghargai keberagaman yang ada di Kota Medan ini, di rumah kita bersama ini," tukas Eldin.

Sementara di lokasi yang sama, Ketua Umum Gerakan Masyarakat Sanata Dharma Nusantara, A.S Kobalen menyebutkan, perwujudan Little India merupakan cita-cita leluhur mereka yang sudah ada di Medan sejak ratusan tahun lalu. Restu pembangunan tersebut berkat ada dukungan dari Walikota Medan pada 2015 lalu.

Menurut Kobalen, Little India diperuntukkan bukan hanya untuk masyarakat India dan masyarakat Hindu saja, melainkan untuk seluruh masyarakat Sumatera Utara.

"Kita ingin Little India ini menjadi tujuan wisata yang bisa menggerakkan ekonomi,agar ekonomi masyarakat di kawasan ini bisa tumbuh. Kita berwarna bagaimana antara Oktober-November kawasan ini bisa dijadikan lokasi usaha kerakyatan. Kita buat festival kuliner dan kerajinan masyarakat India. Kita buat seperti festival," bebernya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa selama ini warga keturunan India yang tinggal di Indonesia, harus pergi ke Singapura dan Malaysia untuk melihat tradisi mereka, dengan adanya Little India ini, diharapkan negara lain seperti Malaysia dan Singapura bisa datang ke Medan.

"Ini kita buat juga dalam kerangka mewujudkan jumlah kunjungan 20 juta wisata ke Indonesia yang sudah dicanangkan pemerintah," tambahnya.

Sementara, Ketua DPRD Medan, Hendry Jhon Hutagalung menyebutkan, untuk mendukung realisasi Little India untuk kesejahteraan masyarakat, ia dan Walikota Medan berjanji akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan masyarakat di Little India, melalui pembiayaan pemerintah. Selama ini, kata Hendry Jhon, kegiatan masyarakat India sangat kurang terakomodasi dibandingkan kelompok masyarakat lainnya. "Pasti akan kita akomodasi secara maksimal," tegasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini