nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Picu Kontroversi, Ini Alasan Kate Middleton Tak Kenakan Gaun Hitam di BAFTA 2018

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 14:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 19 194 1861456 picu-kontroversi-ini-alasan-kate-middleton-tak-kenakan-gaun-hitam-di-bafta-2018-q1DRN1fvK4.jpg

AJANG penghargaan film British Academy Film Awards (BAFTA) 2018 telah selesai diselenggarakan pada Minggu, 18 Februari 2018. Sederet selebriti kenamaan dunia berkumpul dalam ajang penghargaan bergengsi bagi sineas perfilman Inggris itu. Tak terkecuali Kate Middleton dan Pangeran Harry.

Sama seperti penghargaan Golden Globes pada awal bulan lalu, dalam gelaran yang berlangsung di Royal Albert Hall, London, itu para selebriti yang hadir tampak berbusana hitam demi menunjukkan solidaritas kampanye anti pelecehan seksual, Time’s Up. Tak ayal bila para tamu undangan BAFTA disarankan untuk mengenakan busana hitam.

Namun, tak demikian halnya seperti yang dikenakan oleh Duchess of Cambridge. Ia justru menjatuhkan pilihan pada gaun berwarna hijau tua. Ya, Kate Middleton tampak memukau dalam balutan gaun hijau berpotongan lebar dengan model rendah di bagian dada.

Penampilannya semakin cantik dengan sejumlah perhiasan, yang menarik perhatian seperti kalung dan sepasang anting dengan batu berwarna hijau emerald. Sayang, meski penampilannya terlihat memukau, namun pilihan gaun rancangan desainer Jenny Packham tersebut nyatanya memicu perdebatan sosial di kalangan warganet di media sosial lantaran tidak menggunakan gaun hitam.

“Kecewa dengan #KateMiddleton #DuchessofCambridge tidak menggunakan gaun hitam di #BAFTA. Ini bukan sesuatu tentang politik, ini terkait dengan wanita! #TimesUp,” ujar salah seorang netizen bernama Nikki Long dalam akun Twitter pribadinya.

“Bagaimana bisa Kate tidak malu duduk di barisan terdepan dengan gaun hijau sementara wanita lainnya menggunakan gaun hitam. Sejujurnya, dia lebih baik berada di rumah bila dia tidak bisa memberikan dukungannya terhadap wanita,” cuit netizen yang lain.

“Bila sang ibu mertua, Duchess of Cornwall, bisa dengan lantang menantang pelecehan seksual secara terbuka dan menjadikan hal tersebut sebagai topik utama, Kate justru seharusnya bisa menggunakan gaun hitam,” tambah netizen lainnya.

Mengutip Dailymail, Senin (19/2/2018), ada alasan khusus Kate Middleton tidak ikut mengenakan gaun hitam. Hal tersebut disebabkan oleh adanya anggapan sebagai pernyataan politik, yang secara ketat bertentangan dengan peraturan keluarga kerajaan.

Namun, Kate tetap memberikan aksen hitam pada beberapa aksesori, seperti pita hitam yang melingkar di perut besarnya serta clutch hitam. Menurut beberapa pengamat mode hal tersebut merupakan cara untuk membuat pengakuan tanpa membuat pernyataan politik yang terbuka.

(Baca Juga: Kate Middleton KW Muncul di Indonesia, Begini Paras Aslinya!)

Hal ini juga diyakini oleh sejumlah netizen di media sosial. Stephie McStephface misalnya, menuliskan, “Aku pikir gaun Duchess of Cambridge adalah pilihan yang tepat. Tidak berwarna hitam, tapi tetap dalam aturan, yakni berwarna gelap yang menunjukkan dukungannya.”

“Semua orang mengomentari penampilan gaun Duchess of Cambridge, kalian harus ingat apa isunya dan ini tidak termasuk dalam fesyen atau pilihan warna gaun,” tambah netizen bernama Sue.

(Baca Juga: Perbedaan Tatapan Mata Kate Middleton dan Meghan Markle saat Difoto, Apa Maknanya?)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini