Share

10 Manfaat Minyak Alpukat bagi Tubuh

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 19 194 1861495 10-manfaat-minyak-alpukat-bagi-tubuh-4VzC7tvjWC.jpg Manfaat Minyak Alpukat (Foto: Boldsky)

ALPUKAT merupakan salah satu buah yang paling menyehatkan. Jika Anda mengkonsumsi alpukat sekali dalam seminggu dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu menyeimbangkan hormon. Tapi dibalik buahnya yang bermanfaat untuk tubuh, ternyata kandungan minyak dari buah ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem pencernaan dan sebagainya. Sebagaimana dilansir dari Boldsky, Senin (19/2/2018), berikut manfaat yang didapat dari minyak alpukat.

1. Mengandung asam oleat

Minyak alpukat kaya akan sumber asam oleat. Minyak ini sama dengan minyak zaitun yang berguna untuk memasak makanan dan membuat salad. Beberapa penelitian mengungkapkan, kandungan asam oleat bermanfaat untuk kesehatan seperti mencegah penyakit autoimun, menurunkan risiko kanker, menyembuhkan luka, mengurangi inflamasi dan mempercepat proses regenerasi sel.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung menjadi perhatian utama bagi setiap orang. Minyak alpukat kaya akan kandungan beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kerusakan sel. Selain itu anti-inflamasi yang ada pada minyak ini, berfungsi melindungi dinding arteri dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh deposit plak.

3. Kaya akan vitamin E

Minyak alpukat kaya akan kandungan vitamin E yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan kulit serta menghindari kerusakan sel pada akibat radikal bebas.

4. Melancarkan sistem percernaan

Jika Anda mengalami masalah dengan sistem percernaan minyak alpukat dapat dijadikan sebagai obatnya. Dengan menambahkan minyak alpukat pada makanan, dapat mengurangi kembung, mulas dan gangguan pencernaan. Adanya asam lemak pada minyak alpukat akan membantu mencerna makanan dengan mudah.

5. Membakar lemak yang tersimpan

Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, minyak alpukat juga dapat membakar lemak yang tersimpan pada tubuh, jika hal tersebut diselingi dengan olahraga dan diet yang tepat. Minyak yang memiliki nutrisi ini, akan membuat perut Anda kenyang lebih lama. Disamping itu adanya kandungan efa dan vitamin dapat meningkatkan energI dan sistem pencernaan dengan mudah. Anda dapat menambahkan minyak alpukat ini olahan masakan dan salad.

6. Berperan sebagai detoksifikasi

 

Minyak alpukat juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Adanya magnesium atau chlorophyll dapat menghilangkan logam berat seperti timbal dan merkuri dari otak, hati, ginjal, dan organ lainnya dalam tubuh.

7. Dapat membuat kulit lebih sehat

Jika Anda menginginkan kulit yang cerah dan bercahaya lebih baik gunakan minyak alpukat. Kandungan mineral dan vitamin pada minyak alpukat memberi nutrisi tubuh pada bagian terdalam. Minyak alpukat bagus dijadikan sebagai pelembab harian yang dapat mempertahankan kekuatan sel. Selain itu minyak alpukat juga kaya akan nutrisi seperti potassium, lecithin, dan vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan sel baru dan melindungi sel kulit yang ada.

8. Mempercepat pertumbuhan rambut

Rambut rontok dan rusak menjadi masalah yang dialami oleh banyak orang. Minyak alpukat terbukti dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan dan menumbuhkan rambut dengan cepat. Menggunakan minyak alpukat satu kali dalam seminggu dapat memperkuat dan mempercepat pertumbuhan rambut anda.

9. Mengurangi peradangan dan gatal

Minyak alpukat juga dapat mengurangi peradangan dan gatal pada tubuh yang disebabkan oleh cahaya matahari, gigitan serangga, ketombe, tumit retak dan keratosis pilaris. Dengan kandungan asam oleat pada minyak alpukat dapat mengurangi rasa perih dan gatal. Sebelum menggunakannya alangkah baiknya teteskan satu atau dua tetes dulu di kulit untuk melihat kulit Anda alergi atau tidak saat menggunakan minyak alpukat. Mempercepat proses.

10. Penyembuhan luka

Sekarang lupakan obat antiseptik dan beralih gunakan minyak alpukat pada luka agar dapat sembuh dengan cepat. Caranya bersihkan daerah yang terkena luka dan tambahkan dua tetes minyak alpukat pada bagian kulit yang terluka. Lakukan setiap hari agar luka Anda dapat sembuh dengan cepat. Namun hal ini juga kemungkinan akan meninggalkan luka parut pada kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini