nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Fakta Menarik Golden Bridge Lebak, Juara Tunggal BWP di Ajang Miss World 2014

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 18:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 19 194 1861626 ini-5-fakta-menarik-golden-bridge-lebak-juara-tunggal-bwp-di-ajang-miss-world-2014-3sGufmxU0d.jpeg Fakta Menarik Golden Bridge Lebak (Foto:Sukardi/Okezone)

MISS Indonesia Organization bersama dengan Miss World Organization mengunjungi salah satu program Beauty with a Purpose (BWP) yang berhasil menyabet juara tunggal pada 2014. Adalah jembatan Golden Bridge Lebak yang menghubungkan Desa Cikulur dengan Desa Cimarga, Lebak.

Jembatan tersebut diketahui menelan dana sekira Rp160 jutaan yang merupakan sumbangan masyarakat umum (pribadi dan perusahaan) dan berhasil dikumpulkan melalui media sosial. Setelah 4 tahun berlalu, ternyata dampak yang dirasakan adanya jembatan tersebut sangat berarti bagi masyarakat setempat.

Miss Indonesia 2014 Maria Asteria Sastrayu Rahajeng yang mengawali projek ini menjelaskan bahwa projek Beauty with a Purpose-nya kala itu memang mengarah pada jembatan tersebut dan menurutnya itu baik jika dibenahi.

 

"Saya merasa senang dan bahagia ternyata masalah yang saya angkat sudah menemui titik terang dan apa yang Miss Indonesia lakukan untuk warga di sana ternyata berdampak baik. Saya bersyukur akan hal itu," ucap Maria pada awak media yang ikut meninjau Golden Bridge Lebak, Senin (19/2/2018).

BACA JUGA:

Golden Bridge Lebak Banten Jadi Kebanggaan Miss World, Tak Terkecuali Julia Morley

Bicara mengenai Golden Bridge itu sendiri, ternyata ada beberapa fakta menarik di balik jembatan tersebut. Okezone coba mengumpulkan data dari beberapa sumber dan berikut faktanya:

1. Pemilihan jembatan sebagai projek BWAP Miss World 2014

Menurut Maria, dia mengetahui jembatan tersebut dari salah satu pemberitaan di media masa. Setelah tahu, dia langsung mengajukan ide tersebut kepada pihak Miss Indonesia. Karena mengandung makna yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat dan jika tidak dibenahi akan membahayakan nyawa, makanya Golden Bridge disahkan dan mendapat predikat Best Project Beauty with a Purpose Miss World 2014.

2. Maria turun langsung membantu pembangunan jembatan

Miss Indonesia 2017 Achintya Nilsen mengungkapkan kepada Okezone bahwa Maria Rahajeng pernah langsung membantu dalam pembangunan Golden Bridge. Bahkan, usaha yang dilakukan Maria tidak sedikit. "Kak Maria sampai membawa semen, memberi makanan pekerja, memberi kopi atau juga teh, dan menurut saya itu hal yang sangat baik dan menjadi contoh bagi siapapun; membantu dengan ikhlas dan total," terang Achintya.

3. Sebelum dibenahi jembatan tidak beralas

Yang cukup menyedihkan adalah mengetahui bagaimana kondisi jembatan sebelum diperbaiki. Merujuk pada foto yang beredar, jembatan tersebut tidak memiliki alas. Jadi, warga yang mau menggunakan jembatan tersebut mesti mengandalkan rangka besi dan seutas tali. "Sekalipun berbahaya, kami tetap membutuhkannya. Jadi, siapa pun yang mau menyeberang, mesti berani lewat jembatan berbahaya itu," tutur Rudi, kepala RW setempat.

BACA JUGA:

4 Tahun Dibangun, Begini Kabar Golden Bridge dari BWP Miss Indonesia 2014 di Lebak

4. Alasan lain penunjukan projek renovasi jembatan sebagai BWAP

Ada fakta menyedihkan sebetulnya dari jembatan ini, yaitu jembatan sebelum direnovasi pernah menyebabkan seorang anak terjatuh ke sungai dan membuat bagian tubuhnya menjadi tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Jahidi namanya. Bocah 18 tahun itu mengalami kondisi patah tulang parah paa bagian pinggang dan karena musibah itu, Jahidi sempat berhenti sekolah selama 2 tahun untuk recovery.

 

5. Dana perbaikan didapat dari media sosial

Diketahui, untuk membetulkan jembatan itu sampai menjadi Golden Bridge, pihak Miss Indonesia menggalang dana secara digital dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Selain itu, Maria juga menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan bantuan dari beberapa perusahaan. Pengerjaan perbaikan jembatan berlangsung selama dua setengah bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini