Buah Markisa Dipercaya Cegah Insomnia dan Masalah Pencernaan

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 09:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 19 481 1861318 buah-markisa-dipercaya-cegah-insomnia-dan-masalah-pencernaan-X6THmVvmX7.jpg Manfaat buah markisa (Foto: Boldsky)

Begadang atau tidur hingga larut malam kerap menjadi masalah bagi orang-orang modern. Untuk mengatasinya, hindari konsumsi makanan yang malah menyebabkan Anda sulit tidur. Konsumsi buah yang mengandung vitamin C seperti markisa, dipercaya membuat Anda tertidur lebih awal.

Dijelaskan para ahli, selain kaya akan rasa, buah markisa banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik. Untuk mengetahui lebih dalam, ini manfaat dari buah markisa yang harus Anda tahu. Simak ulasannya berikut dilansir Boldsky, Senin (19/2/2018).

Meningkatkan Imunitas

Buah kaya vitamin C ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, buah itu mengandung antioksidan dan senyawa tertentu. 100 gram markisa mengandung 30 miligram vitamin C. Vitamin ini membantu mengurangi radikal bebas dari tubuh. Sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sibuk dan butuh banyak asupan vitamin ini.

Anti-kanker

Makan buah markisa dapat meningkatkan aktivitas anti-karsinogenik di tubuh, yang membantu mencegah kanker. Polifenol, antioksidan dan karotenoid hadir dalam markisa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya untuk kanker paru-paru dan kanker mulut.

Menyembuhkan insomnia

Seseorang yang rajin minum segelas jus buah markisa mendapatkan efek menenangkan pikiran? Buah ini dianggap dapat melemaskan saraf Anda dan menyembuhkan masalah pencernaan karenanya, orang yang menderita insomnia dan gangguan tidur lainnya, disarankan untuk makan buah ini langsung atau diolah menjadi jus yang segar.

Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan vitamin A dapat menguntungkan mata, karena akan membantu mencegah katarak, rabun senja dan degenerasi makula. Jumlah antioksidan yang signifikan yang hadir dalam markisa, semakin meningkatkan berfungsinya membran di dalam tubuh.

Bagus untuk pencernaan

Karena tinggi serat, buah markisa punya efek pencahar alami, sehingga dapat melancarkan usus. Anda pastinya terhindar dari masalah perut mulas, sembelit, sakit lambung dan masalah gangguan usus lainnya.

Mengurangi tekanan darah

Buah markisa juga mengandung tinggi potasium yang bertindak sebagai vasodilator. Mineral hadir dalam buah ini mendorong kesehatan jantung, meningkatkan aliran darah dan melemaskan ketegangan pembuluh darah. Maka sangat cocok bagi Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan mengonsumsi buah markisa setiap hari.

Obat asma

Markisa sangat bergizi dan sehat dan mengandung vitamin penting, yaitu vitamin C. Vitamin ini mencegah gejala asma dan membantu menenangkan serangan asma. Secara efektif, buah ini jadi obat untuk mengurangi mengi dan batuk.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini