nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Gelisah saat di Rumah? Ini Sebab dan Solusinya

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 07:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 20 194 1862180 sering-gelisah-saat-di-rumah-ini-sebab-dan-solusinya-ZEp5caky4J.jpg kumpul keluarga (Foto: Homeschool)

RUMAH seharusnya menjadi tempat pulang yang nyaman dan menangkan hati serta pikiran. Tapi, mengapa sering kali saat pulang ke rumah perasaan justru tidak lebih baik.

Hati gelisah, pikiran kacau, dan mood berantakkan. Nah, desainer interior, Jessica McClendon, pendiri Glamour Nest mengatakan bahwa penyebabnya mungkin karena pemilik rumah tidak memenuhi standar kebutuhan penghuni rumah. Melansir dari Popsugar, Rabu (21/2/2018), berikut ini beberapa penyebab dan solusi rumah menjadi tidak nyaman.

Mengabaikan kekacauan akibat anak-anak

Anak-anak punya barang dan mainan yang sangat banyak. Walau sebenarnya mereka sudah diberi area bermain, tetapi tetap saja mainan berantakan dimana-mana, maka bila membiarkan keadaan seperti ini berlangsung terus-menerus, niscaya akan membuat Anda tersiksa.

Solusinya

Jessica mengatakan, mulailah dengan memerhatikan bagaimana kehidupan nyata yang terjadi sehari-hari di rumah, bukan bagaimana hidup yang diinginkan seharusnya menurut versi kebanyakan orang. Jika lantai ruang keluarga, dapur, hingga kamar selalu dipenuhi mainan, maka yang salah bukan pada anak. Langkah yang bisa dilakukan adalah putar lagu menyenangkan lalu ajak si kecil mengumpulkan mainannya.

Tidak mengakomodir kebiasaan dan tugas harian

Bila Anda menunda mencuci pakaian sampai kehabisan celana dalam bersih, mungkin masalahnya bukan hanya karena Anda tidak punya waktu atau malas. Bisa saja penyebabnya ada pada rancangan rumah yang salah.

Solusinya

Mungkin terdengar gila mengatakan bahwa desain interior dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas rumah tangga. Namun Jessica mengatakan ini benar terjadi. "Rancangan ruang yang benar dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi lebih efisien. Sehingga mengerjakan segala sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan.

Bila ruang mencuci berada terlalu jauh atau gelap ini akan memengaruhi mood. Jika itu yang terjadi, maka solusinya adalah menambah sumber penerangan di ruang mencuci. Kemudian jika Anda bosan melipat pakaian atau menyeterika, mungkin di ruang itu bisa ditambah televisi atau radio. Berbagai elemen pendukung dapat menambah energi yang memberi semangat luar biasa.

Menggunakan ruang secara konvensional

“Tidak ada peraturan bahwa penghuni rumah harus mempergunakan ruangan sesuai rancangan arsitek. Itu terlalu kaku,” kata Jessica.

Solusinya

“Bila Anda tidak pernah makan malam di rumah, mengapa harus tetap membuat ruang makan?” tanyanya. Jika Anda bersama anak remaja lebih suka nonton film, ubahlah ruang makan menjadi mini theater. Anda bisa bersenang-senang bersama di ruang yang sebelumnya tidak terpakai menjadi ruangan yang sangat berfungsi untuk membahagiakan seluruh keluarga.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini