5 Perbedaan Pesta Pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle dengan Pangeran William-Kate Middleton

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 20 196 1862266 5-perbedaan-pesta-pernikahan-pangeran-harry-meghan-markle-dengan-pangeran-william-kate-middleton-QtgDjWiSTX.jpg Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Hellomagazine)

TAHUN 2018 akan jadi saat di mana keluarga Kerajaan Inggris akan menjadi sorotan dunia lebih dari sebelumnya, dikarenakan pada Sabtu, 19 Mei mendatang, akan diselenggarakan royal wedding antara Pangeran Harry dengan aktris Meghan Markle.

Pernikahan adik kandung Pangeran William tersebut, tentunya akan menjadi sorotan publik luas. Tidak ubahnya pernikahan agung Pangeran William dengan Kate Middleton pada 2011 silam. Namun, sejatinya gelaran pernikahan keduanya walaupun sama-sama bersifat pernikahan agung, akan tetapi tetap ada perbedaan di berbagai aspek di dalamnya.

Apa saja perbedaan yang ada dalam pernikahan Pangeran William-Kate Middleton dengan Pangeran Harry-Meghan Markle? Menyitat Hellomagazine, Rabu (21/2/2018) berikut ulasannya:

1. Lokasi

Seperti kebanyakan pasangan Kerajaan Inggris lainnya, Pangeran William-Kate Middleton kala itu mengikuti tradisi yang ada dengan menikah di Westminster Abbey. Namun tidak demikian dengan pernikahan Pangeran Harry-Meghan Markle, di mana pasangan Harry-Meghan diketahui akan menikah dengan memilih St George's Chapel di Windsor Castle sebagai venue, yang merupakan tempat di mana Pangeran Harry dibaptis. Menurut juru bicara istana, tempat ini digambarkan sebagai tempat yang sangat spesial untuk Pangeran Harry.

 (Baca Juga: Cara Mendidik Anak Laki-Laki Menjadi Pria Sejati)

2. Jumlah tamu undangan

Dikarenakan Pangeran William pada suatu hari nanti akan menjadi Raja Inggris, maka pernikahan agungnya dengan Kate adalah suatu peristiwa yang sangat besar. Maka dari itu acara pernikahan William-Kate di Westminster Abbey kala itu mengundang hingga 1900 orang tamu, dengan rincian 600 orang diundang ke acara makan siang di Istana Buckingham yang digelar langsung oleh Ratu Elizabeth II, 300 orang kerabat dekat William dan Kate, dan sisanya adalah tamu undangan yang memiliki keistimewaan untuk tetap ada dalam acara pesta makan malam.

Berbeda dengan sang kakak, pesta pernikahan Harry dan Meghan yang digelar di St George's Chapel, hanya dengan kapasitas maksimal 800 orang. Setelah sesi upacara pernikahan, Pangeran Charles akan jadi tuan rumah acara resepsi private dengan jumlah tamu undangan hanya sekitar 300 orang, yang terdiri dari sanak keluarga dan kerabat terdekat.

3. Penampilan pertama sebagai suami-istri

Salah satu momen paling manis dari gelaran royal wedding Kerajaan Inggris, adalah ketika Pangeran William dan Kate tampil di hadapan publik pertama kalinya sebagai pasangan suami-istri di balkon Istana Buckingham dan membagikan kebahagiaan kepada publik lewat dua kali berciuman. Berbeda dengan William, Harry dan Meghan akan melewatkan sesi berciuman di balkon dan memilih akan tampil pertama kalinya sebagai pasangan suami-istri dan melakukan 'public kiss' di tangga gereja St George's Chapel.

4. Daftar tamu undangan

Di pernikahan William dan Kate, tokoh-tokoh terkenal yang hadir berasal dari Inggris seperti David-Victoria Beckham hingga Elton John. Well, di pernikahan Harry-Meghan nanti daftar tamu orang-orang terkenal tampaknya akan bertambah, mengingat status Meghan sebagai aktris di Hollywood. Dengan perkiraan akan hadirnya rekan-rekan sejawat Meghan dari serial televisi 'Suits' mulai dari J. Adams, Gina Torres, hingga Sarah Rafferty belum lagi Sophie Ellis-Bextor, Millie Mackintosh, Serena Williams dan Priyanka Chopra. Belum lagi dengan masuknya tante Harry, Sarah, Duchess of York yang kali ini masuk dalam daftar undangan setelah sebelumnya di pernikahan William-Kate dirinya tidak diundang.

  (Baca Juga: Kesalahan Dekorasi Rumah Bikin Suntuk, Ini Solusinya)

5. Pilihan hari dan waktu

Secara tradisional, royal wedding dilaksanakan pada hari kerja alias weekdays. Seperti halnya Pangeran William dan Kate Middleton yang menikah di hari Jumat, di mana kala itu seluruh negeri diberikan hari libur sebagai salah satu bentuk perayaan. Namun, kali ini pernikahan Harry-Meghan akan digelar di akhir pekan tepatnya hari Sabtu, mengingat karena Harry kemungkinan besar tidak akan menjadi raja, maka dari itu publik tidak diberi libur ekstra. Selain itu, sesi upacara gereja Harry dan Meghan akan berlangsung pada siang hari, sementara sesi upacara pernikahan William dan Kate kala itu sudah dimulai di pukul 11 pagi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini