nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Menghilangkan Stres, Ini Manfaat Main Lego untuk Orang Dewasa

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 06:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 20 196 1862308 selain-menghilangkan-stres-ini-manfaat-main-lego-untuk-orang-dewasa-pg2bGsfZtt.jpg Lego (foto: Quartz)

LEGO selama ini dikenal sebagai mainan anak-anak. Hampir semua orang dewasa yang hidup saat ini pernah bermain lego semasa kecil.

Meski lego adalah mainan anak-anak, tetapi banyak pula orang dewasa yang menyukai permainan menyusun-nyusun balok ini. Memang tak ada salahnya mainan lego dimainkan oleh orang dewasa, sebab mainan ini dapat menghilangkan stress.

Psikolog klinis, Ratih Ibrahim pernah menyebutkan beragam manfaat lego bagi tumbuh kembang anak-anak. Seperti menstimulasi kecerdasan motorik kasar dan halus, menstimulasi kecerdasan psikososial, menstimulasi kecerdasan kognitif, dan masih banyak lagi.

Namun, ia juga menyebut banyak manfaat lego bila dimainkan oleh orang dewasa. Kepada Okezone, ia menuturkan sederet manfaat main lego bagi orang dewasa sebagai berikut.

Relaksasi

Orang dewasa yang hidup dalam rutinitas kerja, pasti menghadapi banyak tekanan. Dengan bermain lego, maka ini menjadi sarana relaksasi yang baik. Sejenak tekanan dan beban kerja hilang, pikiran teralihkan menjadi lebih tenang, hati terhibur, dan stress pun hilang.

Hobi positif

Bermain lego bila dijadikan hobi, maka ini menjadi hobi yang sangat positif di waktu luang. Tidak membuang waktu keluyuran, membicakan orang, menghabiskan uang untuk belanja, atau nongkrong enggak jelas. Bila ditekuni hobi bermain lego bisa menghasilkan prestasi. Caranya tentu dengan mengikuti kompetisi kreasi lego. Bahkan kompetisi kreasi lego ajangnya sampai level internasional. Lego bisa jadi hobi yang menghasilkan prestasi.

Punya banyak teman

Lego ini ada komunitasnya. Anggota komunitas lego juga ada yang terdiri dari orang-orang dewasa. Jangkauan komunitas lego juga luas, ada yang cakupannya hanya di dalam kota, antar kota, hingga antar negara. Dengan tergabung dalam komunitas lego, mereka jadi punya networking. Bergabung dalam komunitas ini bisa menambah kenalan, banyak teman, dan jaringan luas yang bisa berkembang menjadi jaringan bisnis atau apa saja.

Lepas dari gadget

Sebagai orang dewasa di era digital, kita sulit sekali hidup lepas dari gadget. Berkomunikasi dengan teman dan kerabat pakai gadget, mencari informasi melalui gadget, sampai urusan pekerjaan juga menuntut kita untuk terus menggunakan gadget. Gawai ini juga menjadi teman dikala tidak ada hal yang bisa dikerjakan. Tetapi dengan adanya lego, kita bisa hidup sejenak lepas dari gadget. Keasyikan main lego, mengurangi waktu pemakaian gadget bagi orang dewasa.

Mengembangkan daya imajinasi

Bermain lego merangsang kreativitas kita untuk berimajinasi. Saat bermain kita berpikir untuk membuat mainan menjadi apa, lalu memikirkan caranya, dan saat bermain otak dirangsang untuk mengatur strategi hingga menjadi sebuah bentuk dari kepingan lego.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini