Cara Christine Hakim Menjaga Kesehatan di Usia 61 Tahun

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 20 481 1862332 cara-christine-hakim-menjaga-kesehatan-di-usia-61-tahun-vxKePfihGY.jpg Christine Hakim (Foto: Imdb)

USIA boleh dibilang tidak lagi muda. Namun semangat Christine Hakim untuk industri perfilman masih terus membara. Ia masih sering tampil di layar lebar untuk memainkan peran. Tentu kepiawaiannya dalam berakting sudah tidak usah lagi diragukan lantaran dirinya sudah berkarya selama kurang lebih 44 tahun.

Kendati sudah malang melintang selama puluhan tahun, perempuan yang kini berusia 61 tahun itu tetap merasa perlu belajar dalam hal akting. Hal itu dilatarbelakangi oleh prinsip Christine yang menganggap profesinya sebagai aktris adalah amanat dari Tuhan.

“Waktu muda mungkin masih santai-santai, cuek masih seenaknya. Tapi sekarang dengan tanggung jawab yang sudah kita punya dan kepercayaan yang sudah diberikan oleh masyarakat itu semua harus dijaga. Aplaagi saya juga menyadari sekarang sudah ada amanat yang harus saya jalankan melalui seni peran,” ungkapnya saat ditemui dalam acara konferensi media Plaza Indonesia Film Festival, Selasa (20/2/2018) di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Menganggap profesinya sebagai amanat membuat Christine benar-benar menjaganya. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan. Di usia kepala enam, tentu dirinya sering memiliki rasa lelah. Terkadang dirinya juga mengeluh kepada suami mengenai hal itu. Tapi kembali lagi, karena baginya profesi adalah amanat, dirinya meminta kepada Tuhan untuk diberikan kekuatan dan kesehatan karena amanat yang diberikan tidaklah ringan.

“Udah dikasih kesehatan sama Tuhan dijaga, jangan seenaknya. Setelah 40 tahun saya sadar sekali untuk mengurangi begadang. Walau untuk pekerjaan tidak bisa kita hindari, kadang-kadang ada undangan,” jelasnya. Bila sudah begitu, Christine akan mencuri kesempatan untuk beristirahat.

Selain itu, dirinya sekarang ini lebih banyak mencari waktu untuk tidak tidur lebih dari jam sepuluh malam meskipun terkadang ada godaan yang menghampiri. “Katanya ‘kan yang bagus itu tidur jam 10 malam sampai jam 4 pagi. Tapi emang betul, coba kalo lakukan itu. Bangun jam 4 pagi itu fresh sekali,” tutur Christine.

Menurutnya, ketika seseorang bangun tidur dalam kondisi fresh, maka dia akan lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi karena lahir dan batin memiliki kondisi yang prima serta maksimal. Christine mengakui bila ia tidur di atas jam duabelas malam, hal itu akan memengaruhi aktivitas, ketajaman, dan fokusnya. “Jaga asupan makanan juga pasti. Tapi yang utama adalah menjaga batin dan pikiran untuk positif, terutama positif pada Tuhan,” pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini