nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bacakan Buku Cerita Mempererat Ikatan Ibu dengan Bayi

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 19:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 21 196 1862782 bacakan-buku-cerita-mempererat-ikatan-ibu-dengan-bayi-cTuVszsdif.jpg Bacakan cerita dapat pererat hubungan ibu dengan anak (Foto:Boldsky)

Ketika Anda mempunyai seorang bayi pasti banyak hal yang ingin diberikan agar bayi dapat berkembang dan bertumbuh dengan baik. Membaca buku adalah salah satu cara yang dapat dilakukan.

Dengan membiasakan membaca pada bayi dapat meningkatkan kemampuan otak, memberi ikatan batin yang kuat dan sebagainya. Tidak hanya itu bayi juga dapat mengenali emosi dengan cepat, seperti melansir dari Boldsky, Rabu (21/2/2018) berikut pemaparannya:

loading...

BACA JUGA:

Menguak Sisi Tersembunyi dari Pria Melankolis, Ini Pengakuan Brandon Salim

1. Ikatan batin yang kuat antara ibu dan bayi

Jika seorang ibu sering membacakan buku untuk bayinya dari lahir dapat memperkuat ikatan batin diantara keduanya. Hal ini disebabkan suara seorang ibu dapat menenangkan dan membantu bayi berkembang dengan sehat.

 

2. Bayi dapat membaca lebih cepat

Seorang bayi yang telah biasa dibacakan buku oleh ibunya akan lebih mudah membaca dengan sendiri. Bayi yang sering dibacakan buku cerita juga cepat dalam membaca dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah dibacakan buku sama sekali.

3. Membantu perkembangan otak

Semakin sering orang tua membacakan buku kepada anaknya, maka sang anak cenderung memiliki kosa kata yang lebih banyak dibandingkan dengan teman sebayanya. Tidak hanya itu bayi juga dapat memiliki kemampuan matematika yang lebih baik.

4. Cepat menanggapi sesuatu

Seorang bayi yang baru lahir memang tidak harus merespon. Tetapi dia akan menanggapi apa yang di lihat, rasakan dan di dengar. Saat dibacakan buku bayi akan menjadi sangat responsif. Biasanya akan terlihat gerakan lengan dan kaki yang sama ketika anda membaca.

 BACA JUGA:

Autohaus, Inspirasi Desain Rumah untuk Kolektor Mobil

5. Membantu mengenali emosi

Saat Anda membacakan buku cerita pasti akan membuat suara dan emosi untuk karakter atau dialog tertentu. Hal ini akan membantu menciptakan empati dan perasaan pada bayi.

6. Mudah mengenali benda sekitar

Pada buku cerita atau bergambar bayi akan lebih mudah mengenali alam sekitar. Karena biasanya buku terdiri dari tulisan dengan warna, bentuk dan huruf bewarna warni yang memudahkan bayi mengenal benda sekitar.

7. Menjadi kebiasaan yang menyenangkan

Saat membaca telah dibiasakan sejak dini, hal itu akan dibawa hingga dewasa. Dia menjadikan membaca sebagai kebiasaan yang menarik dan menyenangkan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini