nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teh Beras Merah hingga Gurame Jae, Kuliner Khas Tabanan yang Menggoyang Lidah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 16:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 21 298 1862686 teh-beras-merah-hingga-gurame-jae-kuliner-khas-tabanan-yang-menggoyang-lidah-1i6uK0F63J.jpg Gurame jahe khas Tabanan (Foto:Ig/@mynameis_juna)

BALI tidak bisa dipungkiri memang masih menjadi magnet kuat untuk industri pariwisata Indonesia.

Jika bicara soal wisata, maka dua aspek yang paling utama adalah apalagi kalau bukan tempat wisata dan kuliner khas lokal daerah tersebut.

Well, bicara tentang berwisata di Bali, jangan hanya fokus ke tempat-tempat wisata nya saja. Sebab, Bali juga menyimpan kuliner yang beragam. Salah satunya kuliner khas daerah Tabanan. Mulai dari teh dari beras, hingga olahan daging entog. Penasaran apa saja sih kuliner khas Tabanan? Dirangkum Okezone, Rabu (21/2/2018) dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

BACA JUGA:

5 Cara Melabrak Pelakor Paling 'Ganas' di Media Sosial, Nomor 4 Paling Berani!

1. Teh beras merah :

Tidak jauh berbeda dengan daerah Jawa yang biasanya mempunyai minuman teh khas, begitu juga di Tabanan. Di Tabanan, diketahui ada minuman teh yang dibuat dari bahan yang mungkin bisa dibilang cukup unik untuk digunakan sebagai bahan pembuat minuman teh. Bagaimana tidak unik? Di Tabanan, tepatnya di daerah Desa Jatiluwih ada teh yang terbuat dari beras merah yang diolah sedemikian rupa dengan melewati berbagai proses.

(Okezone)

Dipanen, dicuci hingga bersih, baru kemudian disangrai sampai kering, dan mengeluarkan aroma yang khas. Beras merah ini sendiri disebutkan memang didapatkan dari hasil pertanian di desa tersebut, sebab memang daerah ini adalah salah satu daerah penghasil beras.

2. Bubur Tri Datu :

Hidangan bubur satu ini bisa dibilang adalah hidangan yang spesial, alias tidak biasa. Sebab, hanya hadir di momen-momen khusus seperti hari besar, contohnya acara selamatan, upacara adat atau hari raya keagamaan. Hidangan tradisional yang disebutkan konon memiliki makna pembawa keselamatan bagi yang mengonsumsinya. Dibuat menggunakan tiga macam beras, mulai dari beras merah, putih, dan hitam. Untuk penyajian, bubur tri datu dimakan bersama dengan taburan kelapa parut dan siraman kuah gula merah dan dimakan memakai sendok yang terbuat dari daun kelapa.

(Okezone)

BACA JUGA:

Selain Mahir Bikin Lagu, Rapper Dunia asal Manado Brian "Rich Chigga" Ternyata Pandai Masak

3. Kuwir nyatnyat :

Olahan satu ini disebutkan ke depannya bisa menjadi ikon kuliner khas Tabanan. Kuwir sendiri di Tabanan memang sangat dikenal luas, lalu apakah yang dimaksud dengan kuwir? Nah, kuwir itu adalah sejenis unggas menyerupai bebek atau entog yang dagingnya hadir dengan tekstur lebih keras jika dibandingkan dengan daging unggas lainnya, seperti bebek ataupun ayam.

(Okezone)

Proses pembuatan hidangan kuwir ini sendiri, bisa dibilang tidaklah mudah. Karena daging kuwir harus direbus terlebih dahulu, baru setelah itu disuwir dan dibumbui dengan campuran bumbu khas Bali, yakni lengkuas, kunyit, kencur, laos, bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Baru kemudian daging kuwir ini diungkep selama kurang lebih 3,5 jam agar tekstur dagingnya yang keras bisa menjadi lembut. Lalu nyatnyat sendiri adalah sebutan untuk proses ungkep daging entog tersebut. Makanya diberi nama kuwir nyatnyat.

 

4. Gurame jae :

Buat Anda yang suka dengan hidangan makanan laut alias seafood, berkunjung ke Bali rasanya jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi hidangan ikan gurama jae. Gurame jae ini adalah sajian ikan gurame goreng dengan jahe alias jae, yang hadir dengan cita rasa pedas dan kuat karena pemakaian bumbu rempah-rempah seperti jahe, lengkoas, irisan cabai dan kunyit, sensasi rasa pedas dan hangat akan terasa ketika menyantap hidangan satu ini. Menyantap ikan gurame jae disebutkan bisa dikombinasikan dengan sayur gonda dan juga irisan timun.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini