nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ASI Bisa Mempercepat Penyembuhan Bayi Prematur dan Memiliki Masalah Kesehatan saat Lahir

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 21 481 1862615 asi-bisa-mempercepat-penyembuhan-bayi-prematur-dan-memiliki-masalah-kesehatan-saat-lahir-6RJYqBGaQG.jpeg Ilustrasi ASI (Foto: Babychick)

BAYI yang menerima ASI eksklusif telah terbukti tumbuh lebih sehat bila dibandingkan dengan bayi yang tidak menerimanya. Sebagaimana diketahui, ASI merupakan nutrisi utama dan terpenting bagi bayi. Maka dari itu, seorang ibu yang baru melahirkan disarankan untuk memberi bayinya ASI paling tidak selama enam bulan dan jika memungkinkan hingga usia bayi menginjak 24 bulan.

Tak hanya berperan dalam menjaga kesehatan bayi, ASI juga bisa membantu proses penyembuhan pada bayi yang mengalami masalah pada saat dilahirkan. Contoh pada bayi yang lahir prematur atau bayi yang harus masuk ke ruang perawatan khusus. Hal itu diungkapkan oleh dokter spesialis anak, dr Utami Roesli, SpA., MBA, IDCLC., FABM.

BACA JUGA:

5 Cara Melabrak Pelakor Paling 'Ganas' di Media Sosial, Nomor 4 Paling Berani!

"Anak-anak yang sakit berat dan berada di ICU ternyata bila mendapat ASI lebih cepat sembuh. Penelitian di luar negeri menemukan jika anak prematur diberi ASI angka kesakitan untuk penyakit berat ternyata hampir 0," tutur dokter yang berfokus pada ASI itu saat ditemui dalam sebuah acara di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Fakta di atas tentunya bermanfaat bagi pasangan suami istri yang mengalami kejadian bayinya bermasalah pada saat dilahirkan. Tidak dapat dipungkiri, ketika bayi lahir dalam kondisi yang kurang sehat, orangtua pastinya dilanda perasaan sedih dan khawatir. Mereka ingin melakukan yang terbaik untuk bayinya agar cepat sehat. Di samping tindakan medis, ASI nyatanya tetap dibutuhkan oleh bayi tersebut.

Sementara itu, dr Utami juga menyarankan kepada para suami untuk senantiasa menghibur istrinya ketika bayi mereka memiliki masalah pada saat lahir. "Jangan bikin ibu sedih supaya anak dengan diberi ASI bisa cepet sembuh. Suami kalau bisa menuruti apapun yang diinginkan oleh istri," tambahnya.

 BACA JUGA:

Sisi Lain di Balik Video Viral Bu Dendy dan Pelakor

Sementara itu, cara lain yang biasa diterapkan pada bayi prematur yaitu kangaroo care juga disarankan untuk diterima oleh semua bayi. Kangaroo care adalah sentuhan dari kulit ke kulit yang dilakukan oleh ibu dan ayah. Melalui cara ini, orangtua diharapkan bisa memeluk anaknya sebanyak dan selama mungkin karena membuat anak tumbuh dalam suasana aman.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini