nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Buah Ini Turunkan Risiko Kambuhnya Asam Urat

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 19:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 21 481 1862815 5-buah-ini-turunkan-risiko-kambuhnya-asam-urat-CWDrO1VQoc.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SAAT asam urat kambuh pasti membuat pasiennya tidak nyaman. Tapi dengan mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan dapat mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana pun, gejala asam urat harus dicegah supaya tidak gampang kambuh. Tidak hanya menghindari makanan seperti daging merah atau kacang-kacangan, Anda juga bisa menurunkan kadar asam urat dengan makan buah.

Buah dikenal karena mengandung kaya nutrisi yang beragam. Setiap hari paling tidak Anda harus makan satu jenis buah agar mendapat manfaatnya.

Dilansir Steptohealth, Rabu (10/2/2018), berikut adalah lima jenis buah yang mampu menurunkan risiko kambuhnya asam urat. Simak ulasannya agar Anda tidak lupa mengonsumsinya.

Jeruk dan lemon

Banyak orang suka dengan buah jeruk dan lemon. Buah ini sangat sederhana untuk dimakan. Idealnya, Anda bisa makan buah jeruk saat sarapan atau sebagai pengganti camilan. Sertakan juga yoghurt, roti gandum atau beberapa jenis buah yang lain untuk kombinasi.

Jeruk dan lemon mengandung vitamin C sangat bagus untuk mengurangi jumlah asam urat dalam darah kita. Karena buah tersebut dapat melarutkan kristal yang menempel pada sendi kita.

 (Baca Juga: Ibu Hamil Boleh Makan Durian, dengan Catatan...)

Apel

Secara khusus, Anda sebaiknya minum segelas jus apel segar setiap hari. Untuk melakukan ini, kupas tiga buah apel dan potong kecil-kecil. Tambahkan satu liter air dan rebus selama 30 menit agar sarinya keluar. Jangan tambah gula supaya rasanya alami.

Strawberry

Buah strawberry juga kaya akan vitamin C, yang merupakan unsur penting untuk melarutkan purin dalam darah. Maka racun di ginjal pun tereliminasi dengan baik. Supaya tidak bosan, kombinasikan makan buah ini dengan diolah menjadi jus atau makan buahnya langsung.

Cranberry

Meski buah ini tidak selalu mudah ditemukan, tapi dianggap sebagai salah satu buah yang ampuh menurunkan risiko asam urat. Cranberry mengandung banyak vitamin C dan anthocyanin, keduanya sangat efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Cobalah minum segelas jus buah lezat ini setelah makan siang ya!

  (Baca Juga: Chrissy Teigen Curhat Kehamilan Keduanya di Twitter)

Ceri

Buah ceri sangat bagus untuk mengurangi kadar asam urat, begitu juga dengan kolesterol. Caranya, Anda hanya perlu makan sekira 10 buah ceri per hari untuk mulai menurunkan kadar asam urat Anda. Meski harganya mahal, tak ada salahnya Anda rajin makan buah ceri yang manis untuk mencegah risiko terjadinya asam urat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini