nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Penyebab Anak Susah Makan yang Bikin Ibu Khawatir

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 14:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 22 481 1863034 5-penyebab-anak-susah-makan-yang-bikin-ibu-khawatir-8IriKaNcck.jpg Ilustrasi (Foto: Familydoctor)

PARA ibu selalu mengeluh kalau anaknya susah makan, apalagi kalau menunya sayuran dan buah-buahan. Bukan berarti dia menolak tanpa sebab, mungkin saja hal itu membuat kondisinya sakit atau mengalami hal yang lain.

Memang, kalau anak susah makan ibu jadi cemas. Banyak cara yang dilakukan agar anak mau makan. Misalnya dengan mencontoh resep unik yang disukai si kecil.

Belum lagi menghadapi anak-anak yang picky eater. Ibu langsung prihatin dan mencari cara supaya si kecil mau makan lahap.

Saat anak menolak makan, ibu sering mencoba membujuk mereka untuk makan dengan cara yang berbeda. Tapi anak-anak tetap melakukan gerakan tutup mulut.

Kira-kira apa saja yang menyebabkan anak jadi susah makan ya? Dilansir Boldsky, Kamis (22/2/2018), berikut adalah lima penyebab yang paling sering melalukan gerakan tutup mulut. Cegah risiko itu supaya tidak merepotkan Anda.

Punya rasa sensitif

Beberapa anak sudah terlahir dengan kepekaan terhadap citarasa pada permukaan lidahnya. Hal ini membuat mereka sangat peka terhadap rasa, lalu akan menolak untuk makan kalau rasanya tidak enak.

(Baca Juga: Waspada, Wadah Plastik Mengandung BPA Bisa Meracuni Anak!)

Terganggu

Sudah menjadi kebiasaan umum bahwa anak-anak makan saat menonton televisi atau bermain gadget. Hal ini merusak selera makannya dan juga mengganggu pikiran mereka. Untuk mencegahnya, saat makan usahakan agar mematikan semua benda elektronik yang membuatnya hilang konsentrasi untuk makan.

(Baca Juga: Ahli Parfum Ungkap Bagian Tubuh Paling Tepat untuk Menyemprotkan Parfum)

Gangguan pencernaan

Jika anak Anda mengalami buang air besar tidak teratur atau sembelit, pasti dampaknya jadi susah makan. Maka Anda harus mencoba mengatur pola makannya dengan benar. Beberapa banyak kasus jika anak mengalami hal ini, ibu tetap memaksakan anaknya untuk makan.

(Baca Juga: Melamar dengan Alpukat, Cara Baru Melamar Pasangan)

Banyak pilihan

Jika Anda terbiasa memberi makanan yang bervariasi dan terlalu banyak pilihan, sekarang kurangi. Mereka bingung dan menolak makan. Pilih saja makanan favoritnya yang membuatnya lahap makan. Tapi tentu Anda harus memerhatikan gizinya yang lebih baik.

Anak sakit

Saat anak sakit, nafsu makan hilang. Maka Anda harus bisa mencegahnya dengan cepat. Ajak agar anak selalu makan sehat dan rajin beraktivitas fisik, agar sistem kekebalan tubuhnya kuat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini