nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kunyit atau Kurkumin, Mana Paling Berkhasiat untuk Kesehatan?

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 13:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 23 481 1863690 kunyit-atau-kurkumin-mana-paling-berkhasiat-untuk-kesehatan-BL5CYkxXhy.jpg Kunyit obat herbal (Foto:Ist)

KUNYIT merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan oleh orang India dan Asia Tenggara umumnya. Rempah yang satu ini telah dipakai sejak 4.000 tahun yang lalu. Kunyit digunakan sebagai bumbu kelezatan dari sebuah masakan. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, kunyit juga dijadikan obat-obatan.

Sementara itu, kunyit mengandung zat-zat dengan sifat obat, zat yang terkandung dalam kunyit disebut dengan kurkuminoid atau lebih dikenal sebagai kurkumin.

 BACA JUGA:

Dipanggang, Ini Sederet Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Seperti melansir Sheknows, Jumat (23/2/2018)ekstrak yang ada pada kurkumin memang berpotensi memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang kuat , karena adanya zat ini beberapa penyakit seperti rheumatoid arthritis, asma, kanker, penyakit kardiovaskular, penyakit usus dan psoriasis dapat disembuhkan. untuk dapat menyembuhkan penyakit sebaiknya pilihlah kunyit yang memiliki kandungan kurkuminoid yang tinggi dan juga mengandung piperine.

Namun terlepas dari itu semua ternyata ada perbedaan antara kunyit dan kurkumin. Kurkumin merupakan bahan aktif utama dalam kunyit, namun kandungan ini hanya menghasilkan sekitar 3 persen beratnya dari kunyit. Sedangkan kunyit merupakan bumbu dan suplemen yang berasal dari batang bawah tanah (rimpang) tanaman kunyit.

BACA JUGA:

Mengenal Tinnitus, Gangguan Telinga Akibat Terlalu Sering di Area Bising

Sementara itu jika Anda ingin memasak makanan ada baiknya juga Anda menambahkan lada hitam agar kandungan kurkumin dapat bekerja secara efektif dalam tubuh.

Mungkin Anda juga masih penasaran kenapa kurkumin ada dalam kunyit? Karena kunyit merupakan rempah makanan yang dijadikan sebagai bumbu masakan namun yang digunakan untuk kesehatan sekaligus dijadikan obat (kurkumin). Hal tersebut dijelaskan oleh Cheryl Myers, kepala bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan untuk suplemen diet dan obat-obatan alami, menggunakan perumpamaan yang brilian.

"Hamburger mengandung zat besi namun, jika seseorang menggunakan zat besi untuk anemia, Anda akan menggunakan zat besi - bukan memakan banyak hamburger - untuk mengobati anemia. Demikian juga dengan kunyit, kunyit adalah makanan dan rempah yang berkhasiat, namun obatnya adalah kurkumin", paparnya.

(ndr)

Berita Terkait

Khasiat Kunyit

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini