nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Minum Teh Buah-buahan Sebabkan Kerusakan Gigi

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 19:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 23 481 1863919 sering-minum-teh-buah-buahan-sebabkan-kerusakan-gigi-yFdkCsrZyq.jpg Teh rasa lemon (Foto: Independent)

SERING minum teh buah ditemani keripik asin cepat bikin gigi rusak parah. Maka itu, dokter memperingatkan supaya Anda tidak banyak mengonsumsinya.

Kebiasaan minum teh dilakukan saat lagi atau usai makan siang. Apalagi kaum hawa senang menyukai teh dengan rasa buah.

Tapi sayang, orang tak bisa mengontrol kebiasaan minum teh dengan rasa buah. Apalagi kalau rasanya asam sangat cepat bikin gigi erosi karena kandungan vitamin C.

 (Baca Juga: Make-Up Ilusi Optik Perempuan Korea Ini Memikat Hati dan Mata Dunia)

Rata-rata teh buah identik mengandung rasa asam atau pahit. Nah, kandungan teh itu mengandung zat yang bisa merusak gigi.

Periset di Kings College London telah menemukan, orang yang suka mengonsumsi makanan dan minuman asam, terutama di sela waktu makan, bisa bikin gigi rusak.

  (Baca Juga: Masuk 5 Besar, Finalis Miss Indonesia 2018 Asal Aceh Akui Mengalami Kendala)

Apalagi kalau orang mengalami ketergantungan gula, bisa cepat alami gigi berlubang. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di British Dental Journal menggunakan penelitian yang sebelumnya dilakukan oleh Guy's Hospital. Telah menilai diet sebanyak 300 orang dengan tanda erosi gigi akut. Mereka juga melibatkan orang yang punya gigi sehat.

 

Peneliti menyimpulkan, orang yang suka meneguk minuman asam dua kali sehari, termasuk soft drink, air dengan irisan lemon atau teh buah hangat, bisa membuat seseorang menderita erosi gigi 11 kali lebih mungkin.

  (Baca Juga: Pakai Sunglasses di Sebelah Ratu Elizabeth II, Anna Wintour Langgar Protokol Kerajaan Inggris?)

Namun, minuman dengan perasa buah-buahan bukan satu-satunya hal yang ditemukan sebagai penyebab utama erosi gigi. Produk makanan lainnya termasuk produk rasa buah dan produk makanan mengandung cuka, atau keripik asin.

Secara bertahap, makanan tersebut bikin orang mudah alami kerusakan gigi. Karenanya, Anda harus menghindari supaya tidak mengalami hal buruk itu. Demikian dilansir Independent, Jumat (23/2/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini