nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tubuh Sehat Saja Tidak Cukup, Terapkan 5S!

Tiara Amalina, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 20:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 23 481 1863940 tubuh-sehat-saja-tidak-cukup-terapkan-5s-dZxFVRUmZP.jpg Ilustrasi (Foto: Shopify)

DI era ini, masing-masing orang biasanya memiliki kebiasaan yang ditujukkan untuk kesehatan mereka. Mulai dari cara diet, cara makan, cara olahraga dan lain sebagainya. Terkadang, banyak orang yang berusaha menjadi sehat, tapi tidak bugar. Maksudnya?

Sehat merupakan keadaan di mana Anda merasa tubuh baik-baik saja dan tidak dalam keadaan sakit. Tapi jika Anda sehat dan bugar, maka keadaan sehat Anda akan dibarengi dengan kegiatan aktif, tidak hanya olahraga dan itu membuat Anda selalu merasa fit dan segar setiap hari.

Dr. dr. Samuel Oetoro MS SpGk mengatakan bahwa sebenarnya ada tips yang dapat membuat Anda tetap sehat dan bugar tanpa harus menerapkan diet tertentu, yaitu 5S; makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat dan lingkungan sehat. Semua hal tersebut harus dilakukan secara bersamaan sehingga Anda mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

1.Makan sehat

Makanan yang sehat di pengaruhi oleh 4J, yaitu jumlah, jadwal, jenis dan jurus masak.

- Jumlah, banyaknya makanan yang Anda konsumsi tergantung berapa banyak energi yang Anda keluarkan. Seseorang dengan kegiatan lebih aktif akan membutuhkan jumlah makanan yang lebih banyak ketimbang orang yang cenderung hanya bersantai. Jika orang dengan kegiatan yang sedikit mengonsumsi makanan berlebihan, hal itulah yang akan menyebabkan kegemukan. Begitu juga sebaliknya, jika orang dengan aktivitas padat mengonsumsi makanan kurang dari yang seharusnya, maka ia akan kekurangan tenaga.

- Jadwal, jadwal makan tiga kali sehari tidak boleh diganggu gugat. Anda tidak boleh melewatkan makan malam atau makan malam hanya dengan buah.

“Jika Anda tidak makan malam, system metabolisme Anda akan turun, dan akhirnya makanan yang Anda konsumsi tidak dapat dihancurkan” ujar dr. Sam dalam acara Peluncuran Kampanye Heavenly Blush Greek Secret beberapa waktu lalu.

- Jenis, untuk jenis makanan Anda harus mengonsumsi makanan lengkap dan seimbang. Seperti karbohidrat, sayur dan buah, protein dan juga lemak. Untuk jumlahnya, dr. Sam juga menambahkan bahwa ada takaran tertentu dalam mengonsumsi jenis makanan.

“Kalo untuk karbohidrat itu biasanya 50-60%, protein 10-15% dan lemak 20-25%. Tapi, jangan karena Andabutuh karbo lebih banyak, Anda malah mengonsumsi banyak gula dan nasi putih, konsumsi beras dengan serat tinggi seperti beras merah. Untuk sayur, konsumsi sayur yang beragam, biasanya 3-5 porsi dengan berbagai macam warna dan jenis sayur, karena sayur tinggi akan anti oksidan dan hal itu ada di warna sayur. Kalau untuk lemak, pilih lemak yang baik, Anda dapat menggunakan olive oil untuk mengganti minyak goring,” tambahnya

- Jurus masak, hindari untuk menggoreng makanan. Usahakan untuk selalu memprosesnya dengan mengukus, merebus atau dipanggang.

2. Berpikir sehat

Tidak hanya makanan yang berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi cara berpikir seseorang pun mempengaruhi hal tersebut.

“Kalau Anda stres, tubuh Anda akan memproduksi hormon stres. Kebanyakan orang stress biasanya mencari pelampiasan, salah satunya dengan makanan,” ungkap dr. Sam

3. Istirahat sehat

Tidur yang cukup selama 6-8 jam akan membuat tubuh Anda lebih bugar karena semua system ditubuh beregenerasi dengan baik. Tapi jika terlalu lama tidur juga tidak baik, karena akan membuat Anda menjadi lemas.

4. Aktivitas sehat

Setelah Anda menjalani tiga hal sebelumnya, alangkah baiknya Anda melengkapi itu dengan berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup olahraga yang ringan tapi Anda rutin melakukannya.

5. Lingkungan sehat

Hal ini lebih ditujukan kepada Anda yang mempunyai kebiasaan buruk seperti merokok ataupun suka mengonsumsi alkohol. Jika Anda ingin hidup sehat tapi masih merokok, hal itu akan menjadi sia-sia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini