nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-hati! Kopi dengan Perisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Advertorial, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 15:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 23 557 1863738 hati-hati-kopi-dengan-perisa-berbahaya-bagi-kesehatan-2YME41WBV9.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

NGOPI adalah kegiatan paling asik dilakukan kapan saja, di mana saja dan dengan siapa saja. Tak heran jika kemudian kopi menimbulkan kecanduan. Bahkan banyak yang bilang, tak bisa kerja kalau belum ngopi.

Kopi juga digemari mahasiswa yang doyan begadang ketika mengerjakan tugas. Kopi dengan perisa/essence yang banyak beredar di pasaran pun menjadi laris manis lantaran banyaknya permintaan. 

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata mengonsumsi kopi jenis ini bisa berbahaya bagi kesehatan. Kopi tersebut tidak sepenuhnya mengandung biji kopi asli. Bahan bakunya berupa campuran berbagai bahan kimia yang tak disebutkan dengan spesifik. Untuk produksi satu ton kopi berperisa/essence, hanya dibutuhkan satu kilo biji kopi sehingga dapat dijual dengan harga yang sangat murah. Kopi yang segar, sehat, dan berasal dari biji yang berkualitas tidak mungkin dibanderol dengan harga murah.

Beberapa pakar kesehatan mengungkapkan bahwa kebiasaan mengonsumsi kopi berperisa/essence memiliki dampak berbahaya karena kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah bahaya yang mengancam kesehatan apabila Anda rutin mengonsumsi kopi jenis ini.

Meningkatkan risiko hipertensi

Kandungan krimer nabati dalam segelas kopi dengan perisa/essence tidak dapat dicerna dengan sempurna oleh tubuh, sehingga membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Jika dikonsumsi setiap hari bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah.

Memicu kanker

Meski masih menjadi polemik di kalangan peneliti, ada jenis kandungan yang jika dikonsumsi terlalu sering akan menimbulkan kanker, yakni gula dan minyak nabati. Jika kedua kandungan tersebut digabungkan menjadi satu dan dicampur dengan bahan kimia tertentu, maka dapat memicu timbulnya kanker.

Meningkatkan risiko diabetes

Penyakit ini tak dapat dihindari bila kamu memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi dengan perisa/essence. Memang kopi jenis ini memiliki kafein yang dibutuhkan, namun kopi yang terkandung di dalamnya hanyalah perasa kopi, bukan biji kopi asli. Kopi yang mengandung pemanis buatan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Meningkatkan kolesterol jahat

Kandungan krimer dalam kopi dengan perisa/essence membuat kolesterol tubuh susah dicerna, sehingga membuat kandungan kolesterol menumpuk dan semakin tinggi.

Memicu penyakit jantung

Kafein dalam kopi dengan perisa/essence adalah kafein buatan. Jika dikonsumsi berlebihan, hormon dopamin pada tubuh akan meningkat yang pada akhirnya mengganggu kesehatan jantung. Beberapa gangguan kesehatan lain juga bisa muncul karena kandungan kafein di dalam tubuh yang terlalu tinggi.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan apabila Anda rutin mengonsumsi kopi dengan perisa/essence. Agar terhindar dari bahaya seperti penyakit-penyakit di atas, minumlah kopi yang berasal dari biji kopi asli.

Salah satu perusahaan di Indonesia yang mengolah kopi dari biji kopi asli adalah Tiara Farm. Perusahaan ini mengolah kopi di Desa Umah Besi, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Gayo Aceh. Tiara Farm menanam kopi di lahan seluas 20 hektar (ha) pada posisi di atas 1.000 meter dari permukaan laut, lalu diproses secara modern dan higienis sehingga dapat dipastikan terbebas dari bakteri dan jamur. 

Tiara Farm menawarkan kopi Arabica Gayo dalam bentuk kopi hijau atau green coffee. Ada dua varian anyar yang diluncurkan oleh Tiara Farm dan disebut dengan GoGoMix Gold. Kedua varian itu yakni Kopi Hijau Kurma, merupakan kopi hijau Arabica Gayo Aceh yang dipadukan dengan kurma Arab asli dalam bentuk bubuk serta gula kelapa organik. Dengan rasa segar herbal, manis sedang khas kurma dan gurihnya gula kelapa, varian ini bisa diperoleh dengan harga Rp48.000. 

Varian lain yakni Kopi Hijau Capuccino Jahe yang dipadukan dengan jahe asli dan krimer premium serta gula kelapa organik.  Dengan kemasan 60 gram, kopi ini bisa didapatkan dengan harga Rp45.000. Produk juga telah tersertifikasi Halal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan nomor registrasi 17120036141217. Kopi Tiara Farm dapat diperoleh di All Fresh, Century Healthcare, Family Mart, Natural Farm, AEON Supermarket, Foodhall, Apotik dan Toko Obat. 

Jadi, masih mau minum kopi dengan perisa/essence?

(hth)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini