nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menangislah agar Engkau Sehat dan Bahagia

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Sabtu 24 Februari 2018 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 24 196 1864174 menangislah-agar-engkau-sehat-dan-bahagia-RwblgpjR0y.jpg

SETIAP orang pasti pernah menangis. Berbagai alasan yang membuat kita menangis, mulai dari putus cinta, ditinggal orang tercinta, sahabat, stres, hingga terjatuh pun kita juga menangis.

Walaupun menangis membuat mata sembab, namun sebenarnya menangis dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, sebagaimana melansir dari Wonderslist Sabtu (24/2/2018) berikut penjelasannya.

1. Meredakan stres

Stres dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehata tubuh dan mental. Saat stres tubuh akan dipenuhi dengan bahan kimia yang berbeda yang dapat mempengaruhi suasana hati dan perasaan sepanjang hari. Dan ketika menangis, tubuh melepaskan zat kimia melalui air mata dan akan membuat kita menjadi lebih rileks.

2. Menurunkan tekanan darah

Ternyata tangisan juga mampu menurunkan tekanan darah dan denyut nadi mereka yang sedang marah atau dalam situasi stres sekallipun. Hormon stres dan marah akan mempercepat jantung Anda , melebarkan pupil dan menyempitkan arteri yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Dengan menangis dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan stres.

(Baca Juga: Asal Mula Istilah Pelakor, Apa Bedanya dengan WIL?)

3. Mengurangi kecemasan

Sebuah penelitian menemukan bahwa satu dari lima orang wanita yang berusia 18-34 tahun, mereka mengaku pernah menangis akibat dirinya cemas dan gelisah karena tuntutan pekerjaan atau mengalami situasi yang sulit. Namun setelah mereka menangis, semua perasaan gelisah dan cemas hilang seketika. Selain itu menangis juga membuat kita jauh lebih baik dari sebelumnya.

4. Mengurangi sakit ketika terluka

Jika terjadi luka pada kaki, tangan dan bagian kulit lainnya, kita pasti akan menangis apalagi yang mengalaminya anak-anak. Mereka sudah pasti akan menangis karena merasakan sakit, walaupun kekanak-kanakan tetapi menangis merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit.

Sementara itu menangis dalam waktu yang lama dapat melepaskan oksitosin dan endorfin. Zat ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada fisik dan emosional.

(Baca Juga: Pohon Raksasa Ditemukan di Hutan Kalimantan Selatan, Besarnya Luar Biasa)

5. Meningkatkan mood Anda

Selain membantu meringankan rasa sakit pada fisik dan emosional, menangis juga dapat membantu Anda membangkitkan semangat. Hal ini disebabkan oleh suhu dingin pada tubuh setelah menangis dapat mendinginkan otak yang pada akhirnya membuat pikiran lebih jernih dan semangat.

(Baca Juga: Ladies, Ketahui 5 Tanda-Tanda Suami Punya Selingkuhan)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini