nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Para Ayah, Lakukan 5 Hal agar Anda Jadi Idola Anak

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 04:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 24 196 1864319 para-ayah-lakukan-5-hal-agar-anda-jadi-idola-anak-t7ewJfabvU.jpg Peranan ayah dalam mengasuh anak (Foto:Familyshare)

 

KETERLIBATAN ayah dalam pengasuhan buah hati sering tidak banyak muncul ketimbang ibu. Padahal kehadiran ayah dan andil mereka harus seimbang dengan ibu.

Kebanyakan ayah berpikir, dalam pengasuhan anak berapa hal mutlak menjadi urusan ibu. Namun, tidak ada salahnya jika Anda bepikir berbeda dari ayah lain di luar sana. Ingat ayah dan ibu adalah dua orang yang berbeda dan anak bisa belajar hal berbeda dari kedua orangtua mereka.

Ayah hebat bukanlah ayah yang selalu mampu memenuhi segala kebutuhan dan permintaan anak berkat keberhasilan mereka sebagai orang yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan keluarga. Cukup lakukan 5 hal sederhana ini untuk menjadi ayah hebat bagi keluarga, seperti dilansir Familyshare, Senin (25/2/2018).

BACA JUGA:

5 Hal Ini Mengindikasikan Seseorang Sudah Selingkuh Tanpa Disadari

Luangkan waktu bersama anak-anak

Anda akan takjub melihat bagaimana hal-hal kecil akan membuat perbedaan besar dalam kehidupan anak-anak. Luangkan waktu untuk berbicara dengan mereka. Lakukan hal yang menyenangkan bersama. Berbagi tawa dan cerita lucu. Caranya, sisihkan waktu setiap pekan untuk memberi waktu dan perhatian penuh kepada anak-anak.

Berikan dukungan emosional

Hampir semua orang pernah merasakan ada dalam situasi tidak mencintai diri sendiri. Entah itu karena merasa ada yang kurang dari kesempurnaan fisik, skill, atau kurang percaya diri saja. Nah, jika ayah mendengar keluhan anak tentang menurunnya self esteem mereka, atau mengatakan sesuatu yang negatif tentang diri mereka sendiri, maka ayah perlu memberi dukungan emosional.

Terlibat dalam urusan sekolah anak

Seorang terapis dari Psychology Today menyatakan penting bagi orangtua ikut belajar bersama anak. Tugas orangtua buka hanya menguji anak tentang pelajaran mereka di sekolah. Cobalah duduk bersama dan diskusi soal pelajaran, tempatkan anak sebagai pemimpin yang menjelaskan apa yang mereka kuasai tentang materi pelajaran. Dengarkan penjelasan anak, mungkin ada beberapa yang tidak Anda ketahui dan menjadi tahu setelah berdiskusi dengan anak. Dengan cara ini ayah jadi tahu seberapa besar kemampuan dan wawasan anak miliki.

 BACA JUGA:

Marah-Marah, Bunda Maia Lebih Menghayati Daripada Bu Dendy

Ajari mereka untuk bekerja

Bukan menyuruh anak bekerja. Tapi mendidik anak untuk belajar bekerja guna memberi gambaran nyata kepada mereka apa yang dunia tawarkan jika mereka berusaha (kerja keras). Ayah yang mengajari anak bekerja keras adalah ayah yang hebat.

Cintai ibu mereka

Anda akan mengajari anak-anak apa itu cinta dan hubungan yang sehat dengan memberi contoh.

Orangtua sering lupa kalau contoh adalah kekuatan paling dasyat untuk mengajarkan anak-anak berbagai hal. Mencintai ibu mereka sama dengan memberi anak sebuah pemahaman bahwa hubungan harus dipelihara.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini