Rasa Kacang Merah, Durian hingga Stroberi, Dodol Garut Oleh-Oleh Khas Wajib Dibeli

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 24 Februari 2018 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 24 298 1864192 rasa-kacang-merah-durian-hingga-stroberi-dodol-garut-oleh-oleh-khas-wajib-dibeli-oKmua8HyCW.jpg Dodol garut aneka rasa (Foto:Vessy)

TIDAK salah memang jika orang selalu ingat dodol ketika mendengar kata Garut. Ya, kabupaten Garut yang terletak di provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan dodolnya yang enak.

Garut tak pernah kehabisan dodol. Ketersediaan dodol di daerah ini selalu bisa mencukupi berapa pun permintaan pengunjung yang datang. Hampir di sepanjang jalan pusat Kabupaten Garut berjejer toko-toko yang menjual dodol dan aneka oleh-oleh lain dari Jawa Barat.

Dodol merupakan makanan camilan khas Sunda yang digemari warganya. Rasa dodol yang manis dan teksturnya yang kenyal cocok membuat lidah ketagihan menyantapnya. Dodol disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Karena dodol garut tersedia dalam berbagai aneka rasa.

BACA JUGA:

Yummy, Bikin Donat Es Krim untuk Camilan Anak di Akhir Pekan

Bila Anda berkunjung ke Garut untuk menikmati pemandangan alamnya yang masih asri dan sejuk, jangan lupa membeli oleh-oleh dodol garut sebagai buah tangan. Seperti yang sudah disebutkan tadi, menemukan penjual dodol tidak sulit karena banyak toko-toko yang menjual dodol. Lokasinya terletak di Pusat Oleh-oleh Garut Tanjung Kubang Jalan Otista Tarogong, Kabupaten Garut.

Di sana Anda dapat menemukan lebih dari 32 rasa dodol. Mulai dari aneka rasa buah dan kacang-kacangan. Jangan bingung, pilih saja mana yang Anda suka, karena semuanya enak.

Salah satu pelayan di toko oleh-oleh di SBR3, Wahyu menyebut rasa dodol yang dijual di tokonya antara lain rasa kacang merah, gula putih, dodol wijen, dodol kacang, dodol nanas, dodol nangka, dodol tomat, dodol durian dan buah-buahan lainnya, chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia), kacang ijo, angleng ketan item, ketan putih, wajik, melon, susu, stroberi, jambu, semangka dan masih banyak lagi.

 

"Dodol yang paling favorit adalah rasa cokelat, susu, kacang merah. Tapi rasa lainnya juga sama-sama laris dibeli," ungkapnya ketika berbincang dengan Okezone saat berkunjung bersama rombongan Kementerian Pariwisata belum lama ini.

 BACA JUGA:

Awas, Orang-Orang Seperti Ini yang Berpotensi Jadi Pelakor!

Harga dodol yang dijual di sini berkisar antara Rp27-32 ribu per-kilogram. Rasanya pengunjung bebas memilih dan boleh di-mixed alias campur. Bila Anda takut tidak suka rasanya, tenang saja di sini pengunjung boleh mencicipi bebas. Jadi, dipastikan tidak akan salah beli.

Dodol sendiri dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang dicampur santan, kelapa tua, lalu diberi gula pasir sebagai pemanis, dan gula merah. Untuk jenis rasa tertentu tinggal ditambahkan buah atau kacang-kacangan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini