nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Fakta Memasak Menggunakan Panci Berbahan Besi yang Benar

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 03:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 24 298 1864315 ini-5-fakta-memasak-menggunakan-panci-berbahan-besi-yang-benar-G8x30WdBp2.jpg Mitos masak dengan panci berbahan besi (Foto:Today)

SETIAP orang tentu ingin menjaga semua barang yang ia punya, termasuk peralatan memasak. Bagi orang yang senang berkecimpung dan bereksperimen di dapur, peralatan memasak adalah sesuatu yang istimewa. Maka tak heran bila mereka berusaha merawatnya.

Sayangnya, tak sedikit yang salah kaprah dalam merawat peralatan masak seperti panci besi. Menurut J. Kenji López-Alt, seorang penulis buku seputar dunia dapur, ada beberapa anggapan atau mitos yang dipercaya untuk merawat panci besi. Melansir Today, Senin (25/2/2018) inilah sederet mitos yang seringkali salah.

 BACA JUGA:

Air Mineral Seharga Ratusan Juta, Mau Coba?

Panci tidak boleh banyak terkena sabun

Untuk membersihkan peralatan memasak sehabis digunakan diperlukan sabun. Akan tetapi, banyak yang percaya jika panci besi tidak boleh terlalu banyak terkena sabun karena bisa merusak bumbu masakan saat digunakan kembali. Padahal hal tersebut tidaklah benar dan sabun tetap diperlukan untuk menghilangkan noda.

Membersihkan panci besi cukup hanya dengan merendamnya beberapa lama

Masih berkaitan dengan mitos di atas. Banyaknya orang yang menganggap sabun bisa merusak panci besi membuat mereka lebih memilih merendam panci di dalam air untuk beberapa saat. Padahal cara tersebut malah bisa merusak panci bila terlalu sering dilakukan.

 

Menambahkan bumbu saat dimasak di panci membuatnya sulit dibersihkan

Ketika memasak, setiap orang memiliki instingnya masing-masing termasuk dalam hal menambahkan bumbu. Jangan takut untuk menambahkan bumbu saat memasak dengan panci besi karena itu tidak akan berpengaruh menjadi sulit dibersihkan. Memasaklah sesuai dengan keinginan karena panci tetap bisa dibersihkan seperti biasa.

Panas pada panci besi tidak merata

Material pada peralatan masak memang akan memengaruhi caranya bekerja. Bila Anda takut panas tidak merata pada panci besi ketika memasak, cobalah untuk memanaskannya selama kurang lebih 10 menit.

BACA JUGA:

Bak Ninja, Pria Ini Kupas Kulit Buah Nangka Kurang dari 3 Menit!

Peralatan logam tidak boleh digunakan pada panci besi

Ini adalah mitos yang banyak beredar. Banyak yang percaya jika peralatan memasak yang mengandung logam seperti spatula dapat merusak lapisan panci besi. Padahal Anda tetap bisa menggunakan peralatan tersebut untuk memasak selama menggunakannya dengan hati-hati dan tidak menggores panci.

Selain mitos di atas, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keawetan panci berbahan besi. Pertama, menyucinya hingga bersih setelah digunakan. Kedua, jangan menggunakan api yang terlalu besar saat memasak dengan panci besi dan kemudian memasukkan air. Hal itu bisa membuat bagian panci menjadi retak.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini