Tubuh Anda Lelah? Jangan Lakukan Empat Hal Ini

Agregasi Solopos, Jurnalis · Sabtu 24 Februari 2018 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 24 481 1864261 tubuh-anda-lelah-jangan-lakukan-empat-hal-ini-HnaXr1OXZS.jpg Ilustrasi (Foto: Hello Sehat)

JAKARTA – Tubuh akan mengirimkan sinyal tertentu saat terlalu lelah dan butuh istirahat. Sebaiknya jika tanda itu terlihat seperti kantung mata akan membesar dan menghitam, mata terasa berat, kepala pusing, bahkan perut terasa mual, cobalah hindari aktivitas berikut ini:

Minum kopi

Dilansir dari Boldsky, minum kopi merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengusir kantuk. Kenyataannya cara ini akan membuat tubuh semakin kelelahan. Sebab, kafein dalam kopi memaksa otak untuk tetap bekerja di saat performa menurun. Kafein juga membuat tidur kurang nyenyak sehingga waktu istirahat berkurang drastis.

Makan junk food

Junk food kerap jadi kudapan cepat saat tubuh terasa lelah. Padahal, makanan ini mengandung lemak dan kalori tinggi yang menyebabkan berat badan meningkat. Makanan ini juga tidak baik bagi kesehatan karena akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Sebab saat lelah biasanya daya tahan tubuh akan menurun.

(Baca Juga: Pohon Raksasa Ditemukan di Hutan Kalimantan Selatan, Besarnya Luar Biasa)

Mengemil di tengah malam

Tengah malam menjadi waktu yang menggoda iman para pekerja malam untuk makan. Alibinya sih makan tengah malam sebagai cara untuk mengusir kantuk dan lelah. Padahal saat sudah lelah, tubuh tidak akan bisa mencerna makanan dengan maksimal. Akibatnya, perut terasa penuh dan membuat Anda sulit tidur. Lebih baik pilih stirahat di malam hari untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras setelah seharian bekerja.

(Baca Juga: Ladies, Ketahui 5 Tanda-Tanda Suami Punya Selingkuhan)

Main ponsel

Jika lelah mendera, sebaiknya tinggalkan mebiasaan bermain ponsel sebelum tidur malam hari.

Jangan memaksa diri menatap layar ponsel terlalu lama. Sebab, Anda akan lupa waktu jika sudah terlalu asyik mengutak-atik ponsel dan berselancar di media sosial. Cahaya terang dari ponsel dapat memengaruhi otak yang membuat Anda terjaga lebih lama.

(Baca Juga: Asal Mula Istilah Pelakor, Apa Bedanya dengan WIL?)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini