10 Bahan Alami Atasi Sakit pada Gigi Geraham Baru Tumbuh, Cengkeh Salah Satunya

Imeida Ulfa Ariyanti, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 02:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 24 481 1864313 10-bahan-alami-atasi-sakit-pada-gigi-geraham-baru-tumbuh-cengkeh-salah-satunya-rplDnEIy6n.jpg Cengkeh ampuh atasi nyeri pada gigi geraham (Foto:Ist)

PADA individu yang berusia 17-25 tahun biasanya akan tumbuh lagi gigi geraham. Ketika gigi ini tumbuh akan menyebabkan bengkak pada gusi, demam ringan bahkan kesulitan dalam menelan dan membuka mulut.

Tidak hanya itu, gejala lain yang juga timbul adalah sakit kepala dan bau mulut. Jika sakitnya tidak tertahankan Anda pasti langsung menemui dokter. namun jika Anda takut , ada kok ramuan tradisional yang dapat menghilangkan sakit gigi.

 BACA JUGA:

Tubuh Anda Lelah? Jangan Lakukan Empat Hal Ini

1. Cengkeh

Cengkeh dapat membantu mengurangi nyeri pada gigi geraham karena pada cengkeh terkandung sifat anestesi dan anelgesik. Dengan adanya sifat ini dapat menghilangkan rasa sakit seketika. Cara yang dapat Anda lakukan adalah masukkan 3 siung cengkeh ke dalam mulut Anda untuk menghentikan rasa sakit.

2. Minyak Kelapa

Untuk mengobati sakit gigi adalah minyak kelapa. Kandungan bahan analgesik dan antimikroba membantu mengurangi gusi bengkak dan menyembuhkan rasa sakit pada gigi.

Jadi untuk menggunakan obat ini Anda perlu 1 sendok makan minyak kelapa dan biarkan selama 20 menit didalam mulut, lalu minum air hangat untuk menetralkannya

3. Bawang putih

Kandungan sifat antiinflamasi, antibiotik dan antioksidan pada bawang putih dapat meredakan sakit gigi. Jadi yang harus Anda lakukan adalah hancurkan 1-2 siung bawang putih, letakkan pada gigi yang sakit.

4. Selai kacang tanah

Mungkin Anda tidak percaya jika selai kacang tanah dapat menyembuhkan sakit gigi, tetapi hal ini benar karena pada selai kacang juga terdapat sifat analgesik dan antiinflamasi.

Oleskan selai kacang pada gigi yang sakit.

 

5. Garam

Garam merupakan salah satu obat rumah untuk mengurangi sakit gigi. Garam dapat mencegah infeksi dan mengurangi peradangan pada gusi akibat tumbuhnya gigi geraham.

Ambil satu sendok teh garam campurkan dengan air hangat. Kemudian berkumur-kumur lah dengan air garam tersebut.

6. Peppermint

Dengan mengunyah beberapa daun peppermint atau mengoleskan minyak nya saja dapat mengurangi sakit gigi Anda. Peppermint mengandung sifat anestesi yang membantu meredakan rasa sakit.

7. Tea tree oil

Tea tree oil juga dapat mengobati sakit gigi, hal itu dikarenakan adanya sifat antimikroba dan antiseptic. Teteskan 2 tetes minyak tersebut ke gigi yang sakit sekaligus gusi yang bengkak.

8. Kompres

Ketika gigi dikompres dengan air hangat atau dingin dapat mengurangi rasa sakit dan gusi yang bengkak. Ambil batu es atau air hangat, kemudian kompres pada bagian yang sakit.

 BACA JUGA:

Konsumsi Stroberi dapat Mengatur Tekanan Darah, Juga 6 Khasiat Lainnya

9. Daun sage

Sampurkan daun ini dapat meredakan sakit gigi, karena pada daun ini terdapat kandungan sifat antiinflamasi dan antimicroba. Caranya tumbuklah daun sage yang kering tambahkan air dan satu sendok teh garam.berkumur lah dengan campuran tersebut selama 3 menit. Setelah itu buang dan bersihkan mulut Anda

 

10. Jus lemon dan garam

Hal terakhir yang dapat Anda coba adalah ambil perasan jeruk nipis dan tambahkan garam. Setelah itu aduk rata dan oleskan langsung pada gigi. Lemon dipercaya dapat mengurangi sakit gigi karena di dalamnya terkandung antimikroba dan antiinflamasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini