nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PIBW 2018, Ajang Pererat Silaturahmi dan Promosi Wisata Antar-Negara

Ade Putra, Jurnalis · Minggu 25 Februari 2018 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 25 406 1864560 pibw-2018-ajang-pererat-silaturahmi-dan-promosi-wisata-antar-negara-hYnLtfditB.jpg PIBW 2018 (Foto: Ade Putra/Okezone)

IKATAN Motor Indonesia (IMI) Kalimantan Barat bekerja sama dengan pemerintah setempat menggelar Pontianak International Bike Week (PIBW) sejak tanggal 22 hingga 25 Februari di Kota Pontianak.

Ajang kumpul bikers terbesar ini menyedot peserta dalam jumlah banyak. Pencinta otomotif dan komunitas sepeda motor dari berbagai daerah di Indonesia dan negara Asia Tenggara hadir dalam acara yang terpusat di halaman Grand Mahkota Hotel itu. Seperti dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura dan Thailand.

“Event ini kita buat untuk menarik wisatawan dari luar negeri dalam hal ini negara Asean dan beberapa provinsi di Indonesia datang ke Pontianak. Melalui para bikers inilah kita akan kenalkan ikon-ikon, budaya dan pariwisata yang ada di Pontianak dan Kalbar umumnya,” ujar Ketua Penyelenggara PIBW 2018, Iwan Kurniawan, kepada sejumlah wartawan, Sabtu 24 Februari 2018.

Event ini, lanjut Iwan, merupakan yang kali pertamanya dihelat di Kalimantan Barat. Para pihak yang terlibat dalam event ini, kata dia, semua pencinta otomotif dan komunitas motor yang ada di Kalbar. Tentunya, terlaksana atas dukungan pemerintah setempat, dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaaan dan Pariwisata serta stakeholder.

 (Baca Juga: Pontianak Pecahkan Rekor MURI Lomba Masak Ikan Asam Pedas dengan Peserta Terbanyak)

Iwan melanjutkan, di samping nilai wisata, event ini juga berdampak positif bagi perekonomian di Kalbar. Dengan seringnya kunjungan wisata dari mancanegara, tentunya berdampak bagi pendapatan daerah.

 

"Makanya kesempatan ini harus dimanfaatkan untuk mempromosikan tempat-tempat wisata dan keberagaman budaya yang ada di Kota Pontianak," ujarnya.

Iwan memaparkan, panitia telah menyuguhkan dan memperkenalkan budaya meriam karbit khas Pontianak, jepin, tarian tiga etnis, pertunjukan barongsai dan naga. Ada pula DJ performance, live music, modern dance, ladies bikers show, freestyle, motor show dan lainnya.

   (Baca Juga: Gara-Gara Tidak Dibelikan Shawarma, Seorang Istri Gugat Cerai Suami)

“Selain promosi wisata, ini juga untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama bikers. Mudahan pada event selanjutnya kita banyak mendapat dukungan,” harap Iwan.

Sesuai data dari panitia, kata Iwan, jumlah bikers yang hadir dari negara Asia Tenggara sebanyak 425 peserta. Sedangkan yang berasal dari Jakarta, Pulau Jawa dan Bali serta Kalimantan, ada sekitar 126 peserta.

“Para bikers sudah city tour ke Rumah Radakng, Tugu Khatulistiwa serta Keraton Kadariah. Nanti para bikers akan touring dengan menempuh rute Pontianak, Mempawah, Bengkayang dan Singkawang,” jelasnya.

Dalam event ini tak lupa, sebelumnya para bikers atau riders ini melakukan aksi sosial dalam bentuk donor darah dan bhakti sosial di sejumlah tempat seperti panti asuhan dan jompo.

 

Terpisah, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Pontianak, Mochamad Rizal Razikan mengatakan, ajang sebesar ini akan menarik animo dari masyarakat luas. Ia berharap melalui sejumlah event ini akan menjadikan Kota Pontianak tujuan wisata favorit. Bukan hanya bagi wisatawan dalam negeri namun juga mancanegara.

“Ke depan kami akan terus memetakan dan merangkul semua pihak agar event dan potensi wisata kita mampu menarik wisatawan dari luar. Kita yakin wisata kita maju maka daerah kita bisa maju juga,” ucapnya.

    (Baca Juga: Jangan Abaikan 5 Tanda Sepele Ini, Bisa Jadi Gejala Kanker)

Borneo Super Bike (BSB) Community Kuching, salah satu bikers di Kuching, Sawarak, Malaysia ikut memeriahkan perhelatan PIBW 2018. BSB Community Kuching juga sebagai penanggungjawab dari belasan klub-klub motor yang ikut hadir dalam event ini.

Menurut Director BSB Community Kuching, Lisna Listiawati, perhelatan PIBW 2018 ini sangat bagus dan meriah serta berkualitas.

“Kegiatan ini kualiti baik. Ini juga untuk mempereratkan tali silaturahmi antara para bikers mancanegara. Insya Allah kami akan support pada PIBW mendatang,” ujar perempuan pengendara motor roda tiga ini.

    (Baca Juga: Lestarikan Tukik untuk Anak Cucu, Komunitas Earth Hour Lepas 125 Tukik di Aceh)

Lisna, warga asli Bandung yang kini sudah menjadi warga Negara Malaysia itu juga menjadi pengarah konvoi kembara para bikers dari Kuching ke Pontianak itu. Ada sekitar 200 bikers dari Kuching yang dituntunnya hadir dalam PIBW.

“Kalau bikers-nya ada 200 lebih datang ke Pontianak. Sedangkan orangnya, ada dalam 400 orang lah,” tutur istri dari Yang Berhormat Ahli Dewan Undangan Negeri (Adun/Wakil Rakyat) N 25 Simunjan, YB Awla Idris ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara telah mengundang dan menjemput kami untuk memeriahkan event ini,” timpal Yanti Sham, salah satu anggota BSB Community Kuching yang juga merupakan reporter dari Utusan Sarawak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini