Bekraf Bantu Wujudkan Indonesia sebagai Kiblat Modest Fashion Dunia pada 2020

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 26 194 1864909 bekraf-bantu-wujudkan-indonesia-sebagai-kiblat-modest-fashion-dunia-pada-2020-6BrJvCqduU.jpg Karya Vivi Zubedi dalam New York Fashion Week (Foto: Ist.)

INDONESIA digadang-gadang akan menjadi kiblat Modest Fashion pada 2020. Ungkapan ini sebetulnya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, fakta di lapangan menyatakan bahwa makin banyak designer modest fashion Indonesia yang namanya sudah terdengar luas di luar negeri.

Sebut saja Vivi Zubedi yang baru saja melenggangkan karyanya di New York Fashion Week. Di mana, Vivi menampilkan karya busana bertema "Urang Banua" yang sepertinya sukses membuat mata dunia tercengang.

Nah, keyakinan akan menjadi kiblat Modest Fashion itu pun didukung penuh oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Menurut Kepala Bekraf Indonesia Triawan Munaf, Indonesia saat ini sudah menjadi pasar terbesar modest fashion di Asia.

 (Baca Juga: 4 Koleksi Seni di Museum MACAN Ini Punya Karakter Tersendiri!)

"Ini bukan hal yang kecil. Sebab, dengan semakin esksisnya designer Indonesia di mata dunia, maka nama Indonesia pun akan semakin besar dan semakin banyak pasar dunia yang akan melihat karya anak bangsa," paparnya di Museum MACAN Jakarta, Senin (26/2/2018).

Namun, ada masalah yang masih harus dihadapi Indonesia. Adalah ekosistem yang masih belum berjalan baik. Masih banyak designer yang belum punya ruang untuk menunjukkan karyanya kepada masyarakat luas.

Maka dari itu, Bekraf dalam waktu dekat ini bakal membuat Modest Fashion Council Indonesia. Di mana, badan ini akan menata strategi yang paling baik untuk mewujudkan mimpi tersebut dan akan membuat designer modest fashion semakin kokoh di pasar dunia.

  (Baca Juga: Wanita Ini Tiru 200 Gaya Busana Kate Middleton, Jangan Kaget dengan Uang yang Dikeluarkannya!)

Sementara itu, menurut Wakil Kepala Bekraf Indonesia Ricky Pesik, bidang fashion sendiri di Bekraf menduduki peringkat teratas dalam hal bidang paling berkembang.

"Makanya, secara program dari waktu ke waktu pun kami mendukung supaya modest fashion Indonesia bisa terus berkontribusi di tingkat global, misalnya di fashion week bertaraf dunia," ungkap Ricky.

Perlu ditegaskan juga di sini bahwa pihaknya ingin Indonesia tidak berperan sebagai konveksi atau pihak yang membuat produk, tapi sebagai "merk" dan designer Indonesia eksis di pasar dunia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini