Pesta Ulang Tahun Tetap Meriah dan Berkesan Meski Low Budget

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 26 196 1864687 pesta-ulang-tahun-tetap-meriah-dan-berkesan-meski-low-budget-TfElYVhII8.jpg

JAKARTA - Ulang tahun adalah momen yang paling ditunggu-tunggu anak. Tidak hanya anak, orang tua juga antusias untuk mempersiapkan acara ulang tahun. Tingkat antusiasme orang tua bahkan lebih tinggi dibandingkan anak sehingga setiap konsep benar-benar diperhatikan secara detail.

Mulai dari menyusun konsep ulang tahun, memilih kue, menentukan bingkisan, hingga menentukan busana yang hendak dipakai anak. Kebanyakan pesta ulang tahun memang identik dengan konsep yang mewah.

Namun, bukan berarti harus melulu konsep mewah ya. Anda sebagai orang tua juga bisa merancang konsep ulang tahun sederhana dengan budget terbatas. Meski budget terbatas, pesta ulang tahun bisa tetap meriah dan berkesan asalkan persiapannya matang. Inilah tips yang perlu dilakukan.

1. Undangan

Menyebarkan undangan menjadi budaya wajib saat merayakan hari ulang tahun. Pada umumnya, undangan dibentuk menyerupai kartu ucapan yang berisi tanggal, waktu, dan tempat perayaan ulang tahun.

Undangan biasanya dibentuk sedemikian rupa dan dibuat menarik, tapi bentuk undangan yang bagus biasanya memakan banyak biaya. Jika budget yang dimiliki terbatas, bentuk undangan sebaiknya dibuat sederhana.

Kalau perlu, undangan dibuat dalam bentuk digital atau disebar melalui media sosial. Jumlah undangan yang hadir juga sebaiknya dibatasi untuk meminimalkan biaya.

2. Rayakan di Rumah

Beberapa restoran, tempat makan, dan kafe memberikan paket khusus untuk merayakan ulang tahun anak. Paket yang ditawarkan termasuk sewa tempat, dekorasi, dan makanan yang disajikan. Namun, harga paket ini pasti mahal, belum lagi tip untuk untuk karyawan di restoran.

Supaya lebih hemat, susunlah acara ulang tahun di rumah. Memang acaranya tidak semewah dan semenarik di restoran atau kafe. Yang terpenting acaranya tetap berkesan dan menghibur, terutama untuk si anak.

3. Konsep Pesta

Pada dasarnya, konsep pesta ulang tahun juga memengaruhi biaya yang dikeluarkan. Semakin mewah dan unik konsepnya, semakin mahal biaya yang dikeluarkan. Akan tetapi, Anda bisa merancang konsep pesta sendiri dengan budget yang terbatas.

Anda bisa menggunakan bahan-bahan bekas atau yang tidak terpakai untuk aksesori pesta. Anda juga bisa menggunakan perlengkapan yang ada di rumah untuk memeriahkan suasana pesta. Intinya, manfaatkan semua yang Anda miliki untuk merancang pesta yang menarik dan berkesan bagi anak.

4. Hindari Jasa Party Planner

Agar acara ulang tahun menarik dan tertata rapi, banyak orang tua yang menggunakan jasa party planner. Hasilnya juga terbukti bagus. Namun, biaya sewa party planner sangatlah mahal sesuai dengan luas tempat yang akan didekorasi.

Kalau mau hemat, Anda bisa merancang konsep dan menghias tempat sendiri. Pilihlah konsep-konsep yang menarik dari internet untuk dijadikan referensi. Dengan cara ini, biaya yang dikeluarkan untuk acara ulang tahun anak pun semakin sedikit.

5. Minta Bantuan Keluarga

Menyusun dan merancang konsep ulang tahun tidaklah mudah. Selain menghabiskan tenaga, ide dan pikiran pun ikut terkuras atau bahkan habis sehingga Anda tidak dapat berpikir secara jernih. Akibatnya, hasil dekorasi kurang memuaskan.

Daripada si anak kecewa karena acara ulang tahunnya kurang menarik, mintalah bantuan sanak saudara untuk membantu Anda. Mulai dari menyusun konsep hingga saat puncak perayaan ulang tahun.

Ingat, Anda tidak dapat mengandalkan kekuatan sendiri. Jika Anda mengalami sedikit kesusahan, mintalah bantuan orang lain untuk meringankan beban yang ditanggung.

6. Makanan yang Sederhana

Anak-anak biasanya paling suka dengan makanan yang manis-manis, seperti cokelat, biskuit, kue, dan permen. Aneka makanan yang disukai ini juga sangat mudah ditemui. Anda dapat membelinya di warung atau supermarket terdekat.

Kalau Anda pandai memasak, lebih baik buat makanan sendiri karena biaya yang dikeluarkan juga lebih hemat. Makanan yang disajikan di acara ulang tahun anak tidak perlu mahal. Yang penting rasanya enak dan dikemas dengan menarik.

Sederhana yang Penting Berkesan

Orang tua memang sering dipusingkan menjelang ulang tahun buah hati, apalagi kalau sudah berkaitan dengan biaya. Mengingat biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit, orang tua harus lebih cermat saat merancang pesta ulang tahun.

Jika ada pos-pos biaya yang dapat diminimalkan, ada baiknya langsung diminimalkan. Semoga tips-tips di atas dapat dijadikan sebagai panduan saat merayakan ulang tahun anak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini