nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harus Dirajut Dulu, Butuh Waktu 24 Jam untuk Bikin Biskuit Sereal Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 18:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 26 298 1865009 harus-dirajut-dulu-butuh-waktu-24-jam-untuk-bikin-biskuit-sereal-ini-YA7L3YtW3z.jpg Biskuit gandum harus dirajut dulu (Foto:Dailymail)

SEGALA sesuatu memang membutuhkan sebuah proses, baik itu singkat ataupun proses yang panjang dan sangat membutuhkan ketelitian.

Bicara soal proses yang panjang dan membutuhkan ketelitian serta ketepatan yang akurat, hal ini juga berlaku terhadap produk makanan.

 BACA JUGA:

Sebanyak 8.000 Jumlah Kalori Harian yang Dikonsumsi Para Atlet Ski

Seperti contohnya biskuit sereal Shredded Wheat and Shreddies, yang proses pembuatannya baru saja terungkap detail melalui tayangan Channel 4's Food Unwrapped. Di mana dalam tayangan tersebut, pemimpin pabrik sekaligus direktur operasi di pabrik Shredded Wheat and Shreddies di Wiltshire, Inggris, Matt Robinson dengan gamblang memperlihatkan bagaimana sereal gandum ini dibuat dari proses bahan awal hingga menjadi biskuit sereal gandum.

Matt menjelaskan bahwa proses di balik pembuatan sereal gandum ini, ternyata sangatlah kompleks di mana disebutkan butuh waktu lebih dari 24 jam untuk bisa membuat satu bantalan Shredded Wheat karena helaian-helaian gandum dirajut satu persatu.

Proses yang pertama ialah, di mana gandum yang semuanya ditanam di Inggris dimasak agar gandum-gandum ini menjadi lembut. Sebelum biji-biji ini dikeringkan di mesin khusus. Kemudian proses selanjutnya, gandum ini diistirahatkan selama kurang lebih 8 jam lamanya, barulah setelah ini proses merobek-robek atau shredding gandum dimulai. Matt juga mengungkapkan bahwa setiap butir gandum diberi makan melalui dua rol, yakni rol halus, dan satu rol yang beralur.

Kemudian dengan rol itulah, butiran-butiran gandum akan terbentuk potongan alurnya sehingga hasil akhirnya akan tampak seperti satu untai gandum seperti gandum spaghetti yang panjang. Dengan dimasukkan ke dalam rol ini pulalah, masing-masing butir gandum akan menyatu dengan yang berikutnya, sehingga membentuk untaia panjang terus menerus.

Matt menjelaskan, proses perobekan untaian gandum ini juga harus dilakukan dengan temperatur suhu yang sangat pas.

BACA JUGA:

Wanita Ini Tiru 200 Gaya Busana Kate Middleton, Jangan Kaget dengan Uang yang Dikeluarkannya!

"Jika kita merobek gandum disaat terlalu basah, maka untaian akan coreng moreng tetapi di satu sisi lainnya jika terlalu kering maka akan hancur pecah, maka dari itu harus berada di suhu kelembapan dan tekstur yang tepat," ungkap Matt seperti dikutip Dailymail, Senin (26/2/2018).

Disebutkan lebih lanjut, secara mengejutkan setiap keping biskuit Shredded Wheat berisi untaian gandum robek yang panjangnya sekitar 100 meter. Setelah gandum disobek-sobek, kemudian dibutuhkan 18 jam berikutnya untuk sebuah proses rahasia merajutnya. Terakhir, sebelum dijual didistribusikan ke berbagai supermarket di seluruh penjuru Inggris, biskuit sereal gandum Shredded Wheat and Shreddies ini dipanggang terlebih dahulu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini