nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kismis Langka Bikin Harga Roti Manis Melambung Tinggi?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 08:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 26 298 1865095 kismis-langka-bikin-harga-roti-manis-melambung-tinggi-XtI2GLFN9F.jpg Ilustrasi (Foto: Food52)

ROTI bisa dibilang adalah makanan semua orang, anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orangtua baik itu pria ataupun wanita siapa sih yang tidak senang menyantap roti? Entah itu sebagai pengganti karbohidrat dari nasi atau kentang dalam menu makanan utama ataupun dikonsumsi sebagai kudapan.

Salah satu roti yang bisa dibilang jadi favorit banyak orang adalah roti manis, baik itu dipanggang dan diolesi oleh butter, atau roti manis dengan buah kismis.

Namun, sayangnya jika Anda salah satu dari orang-orang yang hobi mengonsumsi hot cross bun atau roti manis kismis, kabar teranyar satu ini bisa menjadi kabar yang membuat khawatir.

 (Baca Juga: Melancong ke Jepang, Cicipi Roti Kukus Matcha Paling Populer di Kyoto)

Bagaimana tidak, sebab, sebagaimana disitat Metro, Selasa (27/2/2018) disebutkan roti manis ini harganya diperkirakan akan melonjak tinggi karena adanya kekurangan persediaan stok kismis. Disebutkan lebih lanjut, di California para petani mengalami kesulitan untuk bisa memproduksi kuantitas buah kering, dengan adanya kenaikan harga di Amerika sebesar 50 persen sejak September silam.

Diketahui lebih lanjut, para petani kini lebih cenderung fokus untuk memproduksi tanaman lain yang bisa menghasilkan keuntungan lebih besar. Diperkirakan, sekitar 275 ribu ton kismis akan diproduksi di sepanjang 2017 hingga 2018 saat musim panas, di mana jumlah ini mengalami pengurangan sekitar 8 persen, dan 15 persen di bawah rata-rata jumlah produksi selama lima tahun.

  (Baca Juga: Cara Menyiasati Penyajian Makanan yang Terlihat Kurang Menarik)

Dengan menipisnya ketersediaan kismis di Amerika ini, salah satu yang terkena dampaknya ialah Inggris, di mana artinya gerai-gerai roti atau bakeries di Inggris harus mencari kismis dari area lain, salah satunya Turki dan Yunani, yang akhirnya membuat harga sultanan Turki menjadi meningkat sebanyak 30 persen.

Tidak hanya dari Turki dan Yunani, beberapa bakeries di Inggris juga berupaya mendapat pertolongan dari Australia, namun sayangnya produksi pertanian di Australia juga sedang melemah daripada musim sebelumnya lagi-lagi karena kondisi cuaca yang tidak menentu.

Jadi, dapatkanlah sebanyak-banyaknya roti manis kismis ini selagi masih bisa dengan mudah didapatkan alias belum menjadi makanan yang langka.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini