nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Selalu Jahat, Ternyata Ini Manfaat Lemak Jenuh bagi Kesehatan

Widya Marchellin, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 12:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 26 481 1864808 tak-selalu-jahat-ternyata-ini-manfaat-lemak-jenuh-bagi-kesehatan-OWlTW7t3Sp.jpg Lemak jenuh tak selalu jahat (Foto: Healthyforgood)

PADA dasarnya Anda mengetahui lemak terbagi dua yaitu lemak jenuh dan lemak trans. Banyak orang mengatakan yang namanya lemak tidak baik untuk kesehatan.

Meskipun begitu, Faktanya lemak jenuh bukanlah lemak yang harus benar – benar Anda hindari karena lemak jenuh juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, selama berada dalam porsi tidak berlebihan.

Ingin tahu apa manfaat lemak jenuh terhadap tubuh? Berikut uraiannya yang dilansir dari berbagai sumber:

Baik untuk Kesehatan Kardiovaskular

Lemak jenuh memberi begitu banyak manfaat luar biasa bagi jantung dan sistem peredaran darah Anda. Asam laurat dan asam stearat yang ditemukan dalam lemak jenuh sebenarnya dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Selain itu, makanan dengan lemak jenuh dapat menurunkan kadar lipoprotein.

Melindungi Hati dari alkohol

Alkohol merupakan zat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh maka organ hati akan terlindungi, asalkan tidak mengkonsumsi secara berlebihan.

(Baca Juga: Awas, Tidur Berlebih Meningkatkan Resiko Penurunan Daya Ingat)

Menyehatkan paru – paru

Untuk fungsi yang tepat, ruang udara paru-paru dilapisi dengan lapisan tipis surfaktan. surfaktan paru berasal dari 100 persen lemak jenuh. Penggantian lemak kritis ini oleh jenis lemak lainnya membuat surfaktan yang salah dan berpotensi menyebabkan kesulitan bernafas.

Meningkatkan imun tubuh

Kenapa lemak jenuh dapat dikatakan dapat meningkatkan imun tubuh? Karena dilihat pada orang kutub yang makan daging untuk menghangatkan tubuh. Seperti yang diketahui daging merupakan salah satu makanan sumber lemak jenuh.

(Baca Juga: Kesalahan Ini Sering Dilakukan saat Memasak Ikan)

Baik untuk kesehatan otak

Otak terdiri dari lemak dan kolesterol. Bagian terbesar dari asam lemak di otak sebenarnya jenuh. Diet yang berhemat pada lemak jenuh yang sehat dapat merampas otak Anda dari bahan mentah yang diperlukan secara optimal.

Baik untuk kesehatan tulang

Tidak ada salahnya mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh, asalkan sesuai dengan porsi, karena saat kadar lemak jenuh dalam tubuh tercukupi, tulang kerangka dapat terbentuk dengan sempurna.

Membantu program diet

Lemak jenuh juga bagus untuk Anda yang kegemukan dan menginginkan tubuh langsing. Makanan yang mengandung lemak jenuh akan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengkonsumsi lemak jenuh adalah sesuaikan dengan porsi, jangan mengkonsumsinya berlebihan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini