nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ladies, Ini 6 Tandanya Anda Hamil Anak Pertama

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 14:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 26 481 1864870 ladies-ini-6-tandanya-anda-hamil-anak-pertama-eB9tCzrcYi.jpg Ilustrasi (Foto: Dailystar)

WANITA yang telah menikah sangat mengidam-idamkam kehamilan pertamanya. Jika tiba-tiba mengalami perubahan aneh yang terjadi di tubuh selain terlambat menstruasi, mungkin Anda tengah hamil.

Faktanya, ketika pertama hamil, wanita banyak mengeluh tidak enak badan atau mengalami perubahan serius dalam tubuhnya. Namun, hal ini jarang disadari, sehingga sering juga memicu keguguran.

Agar tidak terabaikan, kenali dulu tanda-tanda kehamilan yang kerap Anda alami, namun tidak disadari. Berikut ulasannya, dilansir Dailystar, Senin (26/2/2018).

Sakit kepala dan mudah lelah

Tanda kehamilan yang mudah dikenali yakni seseorang jadi mudah lelah, mengantuk dan sakit kepala. Itu terjadi karena tingkat progesteron meningkat. Selain itu, hal yang dapat menyebabkan Anda merasa lelah yakni penurunan tekanan darah, menurunnya kadar gula darah dan meningkatkan produksi darah. Dalam banyak kasus, kelelahan biasanya terjadi sepanjang kehamilan trimester pertama. Namun, wanita jarang menyadari hal itu.

Kram

Terkadang hal pertama yang mungkin Anda perhatikan saat hamil pertama yakni adanya sedikit bercak atau pedarahan Miss V, bahkan saat Anda tidak mengharapkan menstruasi. Gejala umum ini terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim. Hal ini tidak berbahaya, dan kejadiannya terjadi sekira 10-14 hari setelah pembuahan.

Perubahan payudara

Sejak awal kehamilan, payudara rasanya membengkak dan sakit. Itu adalah tanda lain jika Anda mengalami kehamilan. Semakin tambah bulan usia kehamilan, payudara tambah membengkak. Lalu, bagian aerola pun lembut jika disentuh dan warnanya menghitam. Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang wajar dialami oleh ibu hamil.

Mual di pagi hari

Morning sickness adalah gejala kehamilan klasik, yang mempengaruhi beberapa wanita dengan gejala serius. Mual paling sering datang di pagi hari, karena saat itu dinyatakan meningkatnya hormon estrogen. Anda mungkin tidak selalu muntah, tapi penciuman bau terasa lebih sensitif, sehingga mengakibatkan mual.

Perubahan suasana hati

Perubahan suasana hati merupakan gejala yang sangat umum selama kehamilan pertama. Anda benar-benar ingin dimanja dan butuh perhatian lebih. Hal itu terjadi karena pengaruh perubahan hormon pula. Emosi Anda sedang diuji selama kehamilan trimester pertama.

Konstipasi dan sering buang air kecil

Kurang lebih separuh wanita hamil akan mengeluh sembelit atau konstipasi sejak awal kehamilan. Tak lain pengaruhnya adalah hormon progesteron, yang menyebabkan makanan lambat dicerna melalui usus. Di sisi lain, wanita hamil mungkin buang air kecil lebih sering, karena adanya peningkatan darah yang dipompa melalui tubuh.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini