nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daun Kubis Ampuh Atasi Nyeri Payudara Selama Menyusui

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 16:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 26 481 1864882 daun-kubis-ampuh-atasi-nyeri-payudara-selama-menyusui-HOV8nRTIzB.jpg Daun kubis (Foto: Thesun)

MENYUSUI adalah salah satu pengalaman berharga yang dirasakan oleh setiap perempuan yang telah melahirkan. Akan tetapi, menyusui terkadang tidak berjalan mulus. Ada ibu yang jumlah ASI-nya sedikit, ada pula yang harus mengalami bengkak pada puting payudara karena menyusui.

Menyusui ketika puting payudara bengkak adalah sesuatu yang tidak mengenakkan karena harus menahan rasa sakit. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri agar menyusui bisa berjalan lancar. Salah satunya adalah menggunakan daun kubis.

Melansir The Sun, Senin (26/2/2018), manfaat daun kubis untuk mengatasi nyeri pada payudara telah diteliti oleh National Institutes of Health. Dari penelitian ditemukan fakta jika pengobatan menggunakan daun kubis pada payudara yang mengalami pembengkakan dapat mengurasi rasa sakit dan pembengkakan, serta meningkatkan durasi menyusui.

Bila Anda ingin mencoba cara tersebut, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyimpan daun kubis di dalam lemari es. Kemudian, di antara jeda waktu menyusui letakkan beberapa helai daun kubis di atas payudara. Namun pastikan terlebih dahulu daun kubis sudah dicuci hingga bersih untuk menghindari penyebaran bakteri.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan bra agar daun kubis tetap berada di payudara. Anda dapat mendiamkan daun kubis di payudara semalaman. Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan meletakkan daun kubis di sekitar puting payudara karena masih digunakan untuk menyusui.

Bila Anda merasa kesulitan untuk meletakkan daun kubis di antara payudara dan bra, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu menghancurkan atau melumatkan daunnya. Setelah daun menjadi potongan lebih kecil, Anda bisa membalurkannya di sekitar payudara. Jika rasa nyeri sudah mulai berkurang, Anda bisa membuang daun tersebut. Kemudian bersihkan payudara dari sisaan daun yang tertinggal.

Selain berguna untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri, daun kubis ternyata memiliki dampak positif ketika masa penyapihan. Sebagaimana diketahui, tidak selamanya anak harus menyusu pada ibunya. Di masa-masa penyapihan, ibu mungkin akan menemui kesulitan karena keengganan anak untuk melakukannya. Untuk mengakalinya, ibu bisa kembali meletakkan daun kubis karena itu bisa mengurangi jumlah ASI. Secara perlahan hal itu akan membuat anak berhenti menyusu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini