7 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Disentuh Tangan, Salah Satunya Bokong

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 194 1865554 7-bagian-tubuh-ini-tidak-boleh-disentuh-tangan-salah-satunya-bokong-RzS53ASojn.jpg Seputar perawatan tubuh (Foto:Knowledge)

TUBUH membutuhkan perawatan tertentu agar tetap sehat dan terjaga. Salah satu caranya dengan memberikan perhatian dan sentuhan.

Kendati demikian, tahukah Anda bila terdapat anggota tubuh tertentu yang sebaiknya tidak kita sentuh menggunakan tangan? Ya, mengutip TimesofIndia, Rabu (28/2/2018), berikut adalah bagian tubuh yang tak boleh Anda sentuh.

Wajah

Memang rasanya sulit untuk tidak menyentuh wajah, namun sebaiknya hal ini tidak Anda lakukan lagi. Meski Anda sudah membersihkan wajah, sebagian besar kuman dan bakteri yang ada pada wajah berasal dari jari-jari tangan Anda. Hal ini yang membuat wajah menjadi mudah mengalami jerawat.

BACA JUGA:

Tips Memakai Batik agar Penampilan Tidak Terlihat Tua dari Iwet Ramadhan

Mata

Saat mata terasa gatal, Anda mungkin tak sabar ingin segera menggosoknya. Namun, mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. Pasalnya mata merupakan bagian tubuh yang cukup sensitif. Tak sedikit orang yang mengalami infeksi mata akibat menyentuhnya dengan jari-jari tangan. Ketimbang menggosok mata, sebaiknya gunakan obat tetes mata.

Bokong

Anda mungkin sudah menjamin bagian bokong bersih, namun berarti bebas bakteri, loh. Bagian tubuh yang cukup sensitif ini juga rentan tumbuhnya bakteri yang bila disentuh bisa tersebar pada permukaan tangan Anda. Bakteri tersebut bersifat kurang baik dan menyebabkan infeksi.

Kulit di bawah kuku

Kulit di bawah kuku juga merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif dan dikelupas. Hal ini tak hanya membuka kesempatan tumbuhnya jamur tetapi juga menimbulkan bakteri.

Bagian dalam telinga

Apakah Anda salah seorang yang memiliki kebiasaan menyentuh bagian dalam telinga? Bila ya, coba untuk menghentikannya. Kulit bagian dalam telinga sangat tipis dan musah menjadi sarang kuman bila disentuh dengan tangan yang tidak bersih.

BACA JUGA:

Risih dengan Payudaranya yang Terlalu Besar, Wanita Muda Ini Minta Sumbangan Dana untuk Operasi Pengecilan

Mulut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tangan merupakan sumber tumbuhnya bakteri. Karena itu, sangat tidak dianjurkan bila memasukkan tangan ke dalam mulut meski kondisi tangan Anda sudah bersih.

Rongga hidung

Mungkin Anda bingung caranya membersihkan kotoran pada rongga hidung. Sebaiknya, hindari menggunakan tangan. Sebagai gantinya, gunakan handuk atau sapu tangan bersih agar kuman tidak menyebar ke hidung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini