Lezatnya Menyantap Bubur Ketan Hitam atau Kue Apem yang Manis Sehabis Makan

Sindonews, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 298 1865370 lezatnya-menyantap-bubur-ketan-hitam-atau-kue-apem-yang-manis-sehabis-makan-mw4gS36UzJ.jpg Bubur ketan hitam (Foto:Ist)

BUBUR Ketan Hitam menjadi salah satu cemilan yang menggugah selera. Bubur yang menggunakan beras ketan hitam sebagai bahan utama ini memiliki rasa manis yang khas. Penyajiannya dilengkapi dengan santan yang memiliki rasa gurih.

Makanan ini merupakan jajanan populer dan sering dijadikan menu sarapan yang cepat. Cara membuatnya pun mudah. Seperti dilansir Allrecipe, berikut cara membuatnya:

BACA JUGA:

Mau Makan Siang di Restoran Shabu-Shabu? Simak Dulu 3 Aturan Menyantapnya

Bahan-bahan:

100 gr Ketan Hitam. Rendam Semalaman

3 lembar Daun Pandan

1 lt Air

100 gr Gula Jawa. serut

3 sdm Gula pasir

1 sdt Garam

1 lt Santan Kental

BACA JUGA:

Menikmati Steak Wagyu yang Empuk

Cara membuat:

Siapkan ketan hitam yang sudah direndam semalaman. Rebus ketan hitam dengan air mendidih, beri irisan gula merah dan gula pasir.

Panaskan santan, masukan daun pandan, masak hingga mendidih. Sajikan bubur ketan hitam dengan siraman kuah santan.

KUE apem umumnya dibuat untuk acara hajat atau hari-hari besar seperti maulid nabi. Namun demikian, Anda juga bisa loh mengolah kudapan lezat di rumah.

Dikutip dari buku Kue Basah & Jajan Pasar: Warisan Kuliner Indonesia, karya Yuyun Alamsyah, berikut resep lengkap membuat kue apem yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

500 gram tepung beras

250 gram tapai singkong

500 gram gula

800 ml santan dari separuh kelapa

1 sdt ragi

2 butir telur

Cara membuat

1. Campurkan tepung beras, tapi singkong yang sudah dihaluskan, gula, telur, ragi, dan santan, aduk sampai jadi satu dan rata. Diamkan selama 30 menit;

2. Siapkan cetakan apem dan panaskan dalam api sampai benar-benar panas. Tuangkan adonan apem dalam cetakan. Biarkan sampai matang dengan menusuk bagian tengahnya. Jika tidak lengket berarti kue apem sudah matang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini