nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telur Cangkang Cokelat Lebih Mahal daripada Cangkang Putih, Ini Sebabnya

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 15:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 27 298 1865410 telur-cangkang-cokelat-lebih-mahal-daripada-cangkang-putih-ini-sebabnya-ErYu6zIPo4.jpg Telur cokelat lebih mahal (Foto:Shutterstock)

KHUSUS di luar negeri, harga telur ayam boiler dibanderol lebih mahal daripada telur ayam kampung. Keduanya pun dihasilkan dari jenis ayam yang berbeda satu sama lain.

Saat Anda melihat jejeren telur di supermarket, melihat harganya bisa bikin kaget. Hal itu bukan tanpa alasan, karena telur ayam dengan kulit cokelat dianggap lebih sehat daripada telur ayam berkulit putih.

Jika Anda pernah menemukan diri Anda dalam keadaan bingung di kasus telur toko grosir Anda, pertama-tama, keluarlah dari situ. Tapi Anda tidak sendiri, karena ada sejuta label membingungkan pada karton telur akhir-akhir ini, dan banyak di antaranya tidak berarti apa-apa.

 BACA JUGA:

Lezatnya Menyantap Bubur Ketan Hitam atau Kue Apem yang Manis Sehabis Makan

Ahli telur mengatakan, warna telur cokelat dan putih, ternyata didasari dari warna bulu ayam. Belum lagi, ada perbedaan nutrisi antara kedua telur tersebut dan bagaimana daun telinga ayam bisa menentukan harga telur tersebut.

Ada lebih banyak jenis telur ayam yang biasa dikonsumsi orang. Namun, jenis telur ayam cokelat dan putih itu paling populer hampir di semua negara.

Berdasarkan laporan "All Things Considered" tahun 2006 yang menunjukkan. semua ayam berbulu putih menghasilkan telur dengan kulit putih. Begitu juga, semua ayam berbulu cokelat, menghasilkan telur berwarna cokelat.

Teknolog Pangan Deana Jones dalam penelitian di Departemen Pertanian Amerikan Serikat mencari tahu alasan kenapa telur cangkak cokelat harganya lebih mahal. Dia meneliti ekornya, bagian telinga ayam, dan sebagainya.

"Warna bulu tidak harus menunjukkan warna kulit telur, karena kita memiliki beberapa ayam berbulu putih dan telurnya berwarna putih," kata Jones, dilansir Huffpost, Selasa (27/2/2018).

Jacquie Jacob, dari Departemen Biologi Hewan dan Makanan Universitas Kentucky menunjukkan, pengecualian besar terhadap teori tersebut. Beberapa anak ayam memiliki varietas yang berbeda dengan warna bulu yang berbeda, tapi semuanya memiliki telur dengan warna cangkang yang sama.

Ada keseluruhan grafik yang didedikasikan untuk menjelaskan jenis ayam yang menghasilkan telur berwarna. Meskipun banyak ayam komersial telah dibesarkan, sehingga ayam berbulu putih dan ayam berbulu cokelat. Hasil telurnya berdasarkan varietas ayam tersebut.

BACA JUGA:

Mau Makan Siang di Restoran Shabu-Shabu? Simak Dulu 3 Aturan Menyantapnya

Seekor ayam memiliki daun telinga dan mereka bisa memprediksi masa depan. Telinga ayam bisa memprediksi warna telur ayam. Dijamin hal itu lebih akurat daripada teori lainnya.

Meskipun daun telinga bukan indikator warna kulit yang sempurna, warnanya lebih akurat daripada bulu. Selalu ada tanda di daun telinga yang umumnya menunjukkan telur cangkang cokelat. Sementara daun telinga putih umumnya menghasilkan telur cangkang putih.

Terlebih, Menurut Michigan State University Extension, telur tunggal terbentuk sekira 26 jam, lalu seekor ayam betina dapat menghasilkan sekira satu butir telur per hari.

Begitu ovulasi terjadi, kuning telur memasuki tabung telur, yang mana prosesnya menghabiskan waktu sekira tiga jam untuk proses pengembangan putih telur (albumen) untuk mengelilingi kuning telur. Kemudian, proses selanjutnya menghabiskan sekira 75 menit untuk mengembangkan selaput cangkangnya.

Inilah kunci mengapa telur cokelat harganya lebih mahal daripada telur putih. Sementara itu, cangkang putih telur dihasilkan dari sebuah genetik ayam yang masih banyak ditemui di sana.

Karena hasil penelitian tersebut, pencinta telur jadi tak penasaran dan jadi tahu seberapa mahalnya harga telur yang kaya protein. Meski demikian, Anda harus tetap bisa mengonsumsi telur karena sehat dan mengenyangkan.

(ndr)

Berita Terkait

Telur ayam

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini