Pelayanan Rumah Sakit Berbasis Online, Bagaimana Cara Kerjanya?

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 481 1865550 pelayanan-rumah-sakit-berbasis-online-bagaimana-cara-kerjanya-mdSNAj5ESL.jpg Ilustrasi (Foto: Source)

SEIRING berkembangnya teknologi kini banyak bermunculan mobile application yang dapat diunduh oleh masyarakat di smart phone. Aplikasi tersebut dapat memudahkan mereka dalam beraktivitas karena bisa dilakukan hanya melalui genggaman. Contohnya adalah aplikasi penjualan online, transportasi online, hingga portal berita.

Bagi masyarakat yang rutinitasnya padat, adanya aplikasi yang mempermudah tentu membuat mereka dapat memanfaatkan waktu seefektif mungkin. Tak bisa dipungkiri, tuntutan pekerjaan kadang menyita banyak waktu sehingga membuat masyarakat tidak sempat bersantai untuk sejenak. Bahkan sampai ada beberapa orang yang terpaksa melewatkan jadwal pemeriksaan kesehatannya karena aktivitas yang terlampau padat. Padahal, kesehatan adalah kunci utama agar segala aktivitas berjalan lancar.

 BACA JUGA:

Presiden Jokowi Minta Ketergantungan terhadap Obat Impor Diakhiri

Kebanyakan orang memilih untuk berkonsultasi ke dokter bila sudah sakit, itu pun hanya bisa dilakukan ala kadarnya karena mereka sudah harus segera kembali ke pekerjaannya. Rasanya jumlah orang yang secara rutin melakukan kontrol kesehatan masih bisa dihitung. Belum lagi keharusan mengantre untuk konsultasi membuat orang merasa enggan melakukannya karena memakan banyak waktu.

Menyadari kondisi tersebut, sejumlah rumah sakit mulai meluncurkan aplikasi yang dapat mempermudah pasien mereka. Melalui aplikasi, pasien bisa melihat jadwal praktik dokter dan mendapatkan informasi seputar kesehatan. Dengan begitu mereka bisa menyusun jadwal untuk berkonsultasi ke dokter.

RS Pondok Indah Group adalah salah satu rumah sakit yang memanfaatkan aplikasi untuk membantu pasien-pasiennya. Melalui aplikasi "RSPI Mobile" yang bisa didapatkan dengan mengklik tautan http://bit.ly/RSPIMobile, para pasien di rumah sakit tersebut dapat mendapatkan akses informasi terkait profil dokter, fasilitas rumah sakit, penawaran spesial, virtual card, rekam medis, serta pemberitahuan lain.

Para pasien juga dapat melalukan janji konsultasi secara online. Satu hal yang istimewa, aplikasi tersebut memiliki fitur khusus yaitu live queuing di mana pasien yang memiliki janji konsultasi dengan dokter dapat melihat informasi nomor antrean secara real time melalui aplikasi.

"Untuk saat ini, fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh pasien yang hendak berkonsultasi ke poli anak dan penyakit dalam. Tapi ke depannya kami akan meluncurkan fitur-fitur lain untuk menjawab keinginan pasien. Informasi yang ada di mobile apps juga sudah terintegrasi dengan data di rumah sakit sehingga memudahkan pasien," tutur Novaldy Antonio Wund saat ditemui dalam konferensi pers "Peluncuran RSPI Mobile" Selasa (27/2/2018) di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.

 BACA JUGA:

Ahli Gizi Bocorkan Trik Sehat Memilih Protein yang Baik untuk Dikonsumsi

Ditambahkan oleh CEO RS Pondok Indah Group, dr Yanwar Hadiyanto, MARS, aplikasi ini merupakan salah satu upaya rumah sakit tersebut mendekatkan diri kepada pasien. "Mobile apps ini sebenarnya membuka kesempatan yang begitu banyak untuk berinteraksi dengan pasien. Kami juga melihat potensi ke depannya, di mana aplikasi ini bisa memotong beberapa proses yang saat ini harus dilalui oleh pasien sehingga bisa mempersingkat waktu dan memudahkan pasien," pungkasnya saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini