Alasan Tidur Sama Pentingnya dengan Olahraga

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 27 Februari 2018 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 27 481 1865553 alasan-tidur-sama-pentingnya-dengan-olahraga-jSbVr8gEuC.jpg Ilustrasi (Foto: Dreams)

AKTIVITAS yang padat bisa membuat tubuh menjadi lelah. Maka tak heran bila banyak orang yang memutuskan untuk tidur seusai menjalani rutinitas. Namun pilihan itu bukan berarti mengindikasikan orang tersebut memiliki fisik yang lemah.

Menurut pelatih kebugaran di Reese Witherspoon, Ashley Borden, tidur sebenarnya sangat baik untuk kesehtan. "Saya selalu mengatakan kepada klien bahwa saya lebih suka mereka tidur daripada mempersingkat waktu beristirahat untuk berolahraga," ujar Ashley seperti yang dikutip dari Health, Selasa (27/2/2018).

Terkadang padatnya aktivitas membuat orang sulit menentukan jadwal untuk berolahraga sehingga dirinya mencuri-curi waktu termasuk mengorbankan waktu istirahatnya. Namun cara itu tidaklah tepat. Sebab penelitian telah menunjukkan jika tidur selama 7-8 jam setiap malam dapat membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan mengatur peradangan di tubuh. Selain itu, tidur juga memengaruhi proses metabolisme tubuh.

"Kurangnya waktu tidur dapat menghasilkan jumlah hormon peradangan yaitu kortisol yang lebih tinggi. Hormon tersebut dapat meningkatkan perasaan stres. Sedangkan hormon tersebut tidak diproduksi di saat tidur," tambah Ashley.

Selain tidur, dirinya juga merekomendasikan agar kliennya maupun masyarakat menghindari makanan bergula tinggi dan mengonsumsi sayuran dengan jumlah lebih banyak. "Gula bersifat radang dan memicu lebih banyak keinginan untuk makan. Seiring meningkatnya kadar kortisol, kondisi tersebut dapat menambah lemak perut," terang Ashley.

Ia menyarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau karena memberi tubuh fitonutrien yang memiliki banyak antioksidan sehingga dapat menghentikan kerusakan sel. Dengan begitu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, mencegah penyakit, memberi efek positif terhadap hormon, serta meningkatkan kesehatan dan vitalitas secara keseluruhan.

Meski begitu, bukan berarti olahraga bisa ditinggalkan begitu saja. Sebab latihan penting untuk tubuh. Lakukanlah olahraga di luar rumah paling tidak 10 menit agar tubuh mendapatkan vitamin D secara alami. Selain itu, olahraga dapat memberikan stimulasi mental yang luar biasa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini