nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Pentingnya Kombinasi Olahraga untuk Kebugaran Tubuh!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 16:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 28 481 1865967 ini-pentingnya-kombinasi-olahraga-untuk-kebugaran-tubuh-a1fMGi9tFG.jpg Olahraga (Foto: Lifestylegym)

SEBAGIAN dari Anda mungkin termasuk dalam kelompok "gym rabbit" atau orang yang rutin membentuk tubuh di tempat olahraga. Olahraga seperti angkat beban mungkin menjadi makanan sehari-hari.

Namun, menurut Profesional Personal Trainer Triesca Arisandy, masih banyak orang yang salah persepsi pada pembentukan tubuh. Angkat beban memang penting untuk membentuk otot tubuh dan mengencangkan tubuh secara keseluruhan.

 BACA JUGA:

5 Kiat Sukses Mengecilkan Lemak Perut Bagian Bawah

"Tapi, yang terjadi sekarang, sebagian orang hanya fokus pada pembentukan otot, kemudian lupa untuk menstabilkan tubuh secara keseluruhan," tegasnya saat diwawancarai di Celebrity Fitness Gandaria City Mall Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Triesca menuturkan, penting bagi setiap orang untuk menyeimbangkan tubuhnya. Makanya, dirinya selalu memberikan saran kepada klien untuk tidak ragu menambahkan olahraga dengan varian yang berbeda.

Misalnya, untuk Senin, pelatihan yang diberikan berfokus pada angkat beban. Kemudian, hari berikutnya, bisa mengganti dengan olahraga yang lebih banyak berfokus pada flexibility. Sebut saja yoga atau pilates. Ini juga ditujukan untuk pria, karena bagaimana pun tubuh manusia tetap butuh fleksibilitas.

Nah, untuk Rabunya, menurut Triesca, Anda bisa mencoba olahraga fungsional. Ini maksudnya adalah olahraga yang gerakannya leboh banyak berfokus pada fungsi tubuh secara dasar. Misalnya treatmill, pembentukan bisep dan trisep, dan beberapa olahraga lainnya.

Untuk hari setelahnya lagi, Anda bisa selama satu jam penuh bersepeda. Ini juga baik untuk melatih kekuatan kaki dan keseimbangan secara bersamaan. Ditegaskan Triesca, semua variasi itu penting dilakukan agar tubuh tidak hanya berotot besar, tetapi tetap seimbang.

 BACA JUGA:

Vasektomi Tak Bikin Impotensi, Malah Tingkatkan Performa Seks

"Karena, ketika tubuh hanya difokuskan pada pembentukan otot, di kemudian hari malah akan membuat tubuh secara keseluruhan tidak bekerja secara maksimal. Intinya, tidak baik jika tidak diseimbangkan," tegas Triesca.

Sedikit informasi, Triesca menambahkan, secara bertahap, tubuh Anda juga tetap membutuhkan istirahat. Recovery tubuh untuk mendapatkan kekuatan maksimalnya kembali setelah digunakan berkisar di 48 jam setelah berolahraga. Hal ini juga penting untuk memaksimalkan kemampuan tubuh dalam melakukan olahraga variasi ini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini