Mengaku Pemalu, Afgan Lakukan Ini Sebelum Tampil di Panggung

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 481 1865973 mengaku-pemalu-afgan-lakukan-ini-sebelum-tampil-di-panggung-z4a15yktpN.jpg Afgan meditasi dan berdoa sebelum tampil untuk atasi demam panggung (Foto: Tiara Putri/Okezone)

MENJALANI profesi sebagai seorang penyanyi tentu bukan tugas yang mudah. Bahkan penyanyi yang sudah malang melintang di industri musik selama puluhan tahun pun masih menghadapi tantangan ketika tampil di atas panggung. Lantas bagaimana dengan Afgan Syahreza yang baru merintis karirnya selama satu dekade?

Sepuluh tahun mungkin bukan waktu yang singkat tapi tak cukup lama juga. Selama kurun waktu tersebut Afgan juga mengalami suka dan duka. Contoh, di periode 2015 hingga 2016 ia mengungkapkan jika sempat merasa down atau jenuh. Namun ia tetap bisa bangkit dan melanjutkan karirnya.

"Saya bangga dengan diri sendiri karena bisa keeping up selama sepuluh tahun. Apalagi industri musik terus bergulir dan saya telah melewati beberapa tren musik, itu bukan sesuatu yang mudah," ujar Afgan saat ditemui dalam peluncuran album terbarunya berjudul Dekade, Rabu (28/2/2018) di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Selain itu, meskipun sudah memiliki pengalaman yang terbilang lumayan banyak, pria kelahiran 27 Mei 1989 itu ternyata juga masih sering merasakan demam panggung ketika hendak tampil menghibur penggemarnya. "Saya orangnya masih pemalu, sulit buat saya tampil percaya diri dan menghadapi banyak orang. Sempat ada periode di 2015-2016 itu kalau demam panggung bisa sampai shaking dan panic attack," tuturnya kepada awak media.

(Baca Juga: Wajah Berjerawat Parah Jadi Mulus, Blogger Ini Hanya Pakai Foundation Rp90 Ribuan!)

Untuk menghilangkan rasa gugupnya ketika hendak tampil, penyanyi berlesung pipit itu memilih meditasi dan berdoa. "Meditasinya enggak lama. Paling 3-5 menit untuk meredakan kecemasan dan membantu ketika saya harus tampil padahal lagi enggak mood. Sama paling itu berdoa, salat biar tenang," tambahnya.

(Baca Juga: Selamat Tinggal Pipi Tembem, Ini 7 Langkah Hilangkan Lemak Wajah dalam Seminggu)

Sementara itu, melansir Business Insider, meditasi memang memiliki cukup banyak manfaat bagi pikiran. Meditasi dapat membantu mengurangi stres, memperbaiki fokus, dan bahkan meningkatkan kemampuan seseorang untuk berhubungan dengan orang lain. Tak hanya itu, meditasi juga bisa mendatangkan inspirasi kreatif. Manfaat-manfaat tersebut tentunya sangat berarti bagi Afgan guna menghadapi para fans dan terus menciptakan karya baru demi mempertahankan eksistensinya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini