Selain Gunakan Botol Air Panas, Ini 5 Cara Mudah Redakan Nyeri Perut

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 04:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 28 481 1866109 selain-gunakan-botol-air-panas-ini-5-cara-mudah-redakan-nyeri-perut-4p1iWWeGgv.jpg Ilustrasi (Foto: Thesun)

KRAM perut kerap kali dialami beberapa wanita menjelang dan di hari-hari pertama periode menstruasi. Rasa nyeri pada perut saat haid sudah tentu bisa mengganggu aktivitas seharian. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang mengalami sakit tak tertahankan hingga nyaris pingsan.

Memang rasa nyeri dan kram saat haid bisa diatasi dengan mengonsumsi pil pereda sakit atau jamu. Namun, ketimbang minum obat yang mengandung bahan kimia, sebenarnya ada cara mudah untuk meredakan gangguan nyeri saat menstruasi.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi rasa sakit saat menstruasi datang, seperti dilansir TheSun, Kamis (1/3/2018).

Menempelkan botol air panas ke perut

Menempelkan botol air panas pada perut saat menstruasi bisa mengurangi rasa nyeri. Cara ini bisa membuat Anda merasa hangat dan nyaman. Dengan begitu, otot di perut juga akan terasa relaks.

Makan cokelat

Saat haid, biasanya para wanita mengincar makanan yang bersifat manis. Salah satunya adalah cokelat. Cokelat mengandung magnesium yang merupakan mineral untuk mencegah kram pada perut. Selain itu, makan cokelat bisa meningkatkan energi dan memperbaiki mood. Pastikan untuk memilih jenis dark chocolate, ya.

Tidur

Saat menstruasi dan mengalami kram perut rasanya memang sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, cobalah untuk tidur nungging seperti bayi. Cara ini bisa menekan otot perut, memberi rasa relaks, mengurangi rasa nyeri, dan membuat Anda merasa nyaman.

Konsumsi cukup air

Saat menstruasi, pastikan Anda mengonsumsi cukup air. Tubuh yang terhidrasi bisa meningkatkan aliran darah ke otot, membuat relaks, kulit terhidrasi, dan mencegah timbulnya masalah jerawat yang biasa muncul saat menstruasi.

Hindari menggunakan celana jins

Saat perut mengalami kram, penggunaan celana ketat bisa memperburuk keadaan. Hindari menggunakan celana jins, apalagi berukuran skinny. Sebagai gantinya, kenakan busana berpotongan longgar atau jumpsuit untuk membiarkan perut bernapas.

Bermain dengan hewan peliharaan

Bagi Anda pecinta anjing atau kucing, manfaatkan waktu untuk bermain dengan hewan peliharaan Anda. Penelitian menyebutkan bahwa bermain dengan hewan peliharaan bisa mengurangi stres dan rasa sakit. Ini bisa membuat Anda merasa lebih relaks dan membuat mood lebih baik.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini