nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kaya Nutrisi, Benarkah Minum Susu Bantu Tubuh Tumbuh Tinggi?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 04:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 28 481 1866167 kaya-nutrisi-benarkah-minum-susu-bantu-tubuh-tumbuh-tinggi-Xg6chlp1Pc.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

TIDAK peduli berapa umur kita, ibu pasti akan memastikan anak tidak melewatkan minum segelas susu setiap hari. Hal ini karena suatu keyakinan bahwa minum susu dapat membuat tubuh bertambah tinggi.

Tapi, benarkah minum susu dapat membuat anak bertambah tinggi? Kita akan mengungkap kebenaran keyakinan tersebut di sini.

Apakah susu membantu pertumbuhan anak?

Pertumbuhan dan tinggi anak Anda tidak bergantung pada nutrisi saja. Mereka juga bergantung pada berbagai faktor lainnya, seperti genetika. Menurut ahli kesehatan, 20 sampai 40 persen pertumbuhan anak Anda bergantung pada faktor non-genetik, di mana nutrisi memainkan peran utama. Biasanya, telah ditemukan bahwa anak-anak yang kekurangan gizi menjadi kurus dan stunting dibanding anak lain seusianya.

Mengapa susu penting?

Susu terdiri dari berbagai nutrisi penting yang membantu membangun tulang dan otot. Segelas susu akan memberi Anda kalsium, protein, potassium, vitamin tertentu, yodium dan fosfor. Karena itu, susu memberi anak komponen penting yang membantu dalam membangun massa tubuh dan pertumbuhan.

Bagaimana susu membantu pertumbuhan?

Perlu dicatat bahwa minum susu tidak dapat mengubah genetika atau faktor lain, seperti hormon pertumbuhan. Nutrisinya dapat mencegah tubuh kehilangan nutrisi tertentu yang mungkin kurang di tubuh. Susu membantu dalam memasok vitamin A dan D, serta kalsium. Vitamin A meningkatkan pertumbuhan tulang, vitamin D membantu dalam melestarikan kekuatan tulang dan kalsium bertindak sebagai pembentuk tulang Anda. Karena itu, vitamin A, D dan kalsium memengaruhi tinggi badan, dengan demikian susu menjadi bagian penting dari diet harian.

Menentukan pertumbuhan Anda

Jika Anda sudah berhenti tumbuh tinggi, susu atau produk lainnya tidak dapat memengaruhi tinggi badan. Tinggi badan Anda biasanya tumbuh sampai usia 18-20, setelah itu tidak ada yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan tinggi badan. Demikian sebagaimana dilansir dari laman Timesofindia, Kamis (1/3/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini