nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Dicuci, Begini Cara Membersihkan Jaket Kulit yang Benar

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 14:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 01 194 1866477 jangan-dicuci-begini-cara-membersihkan-jaket-kulit-yang-benar-NFVvDN75cE.jpg Cara membersihkan jaket kulit yang benar (Foto:Vessy/Okezone)

 

JAKET kulit bukan cuma milik anak motor, tetapi semua orang dan apa pun profesinya bisa memakai outer ini untuk membuat penampilan jadi keren.

Tak perlu banyak aksesori, cukup dengan satu piece jaket kulit, pemanpilan langsung berubah, simple namun kece. Meski terlihat simple, tetapi perawatan jaket kulit tidak mudah. Sebab item busana yang satu ini tidak boleh dicuci seperti pakaian lain seperti kemeja atau celana.

Hal itu diungkap oleh Diki Ramadan, penjual sekaligus perancang jaket kulit di toko In Garoet, Pasar Sukaregang, Garut, Jawa Barat. Menurutnya perawatan jaket kulit memang agak khusus, mengingat item fashion yang satu ini bukan barang biasa, alias harganya mahal.

BACA JUGA:

Gift Bag Mewah Oscar Senilai 1 Milyar Lebih Ternyata Diisi Penuh Makanan!

"Jangan dicuci pakai sabun atau ditergen. Direndam lama-lama di air dan sabun juga enggak boleh. Apalagi dimasukkan ke mesin cuci," ungkap Diki kepada Okezone saat ditemui beberapa waktu lalu bersama rombongan Kementerian Pariwisata.

Pria yang sudah 5 tahun lebih ikut mendesain model jaket di pusat jaket kulit ini mengatakan jika jaket kulit direndam pakai sabun maka kulitnya akan rontok. Jaket kulit pun tidak boleh dikucek, meski hanya pakai tangan. Bila ingin menghilangkan bau, Diki menyarankan dijemur saja.

"Diangin-anginin saja di bawah sinar matahari. Tapi jangan matahari yang terlalu terik. Jemurlah ketika pada saat matahari pagi atau sore. Jangan juga dijemur lama-lama," jelasnya lebih lanjut.

BACA JUGA:

Semua Elemen Harus Bekerjasama demi Tingkatkan Kesejahteraan Perempuan & Anak

Diki menambahkan jika jaket kulit dijemur di bawah matahari terik, nanti akan kering, tidak munutup kemungkinan menjadi retak lalu mengelotok.

"Kalau ada bagian yang terkena kotoran atau noda, buat bersihkan saja pakai lotion atau krim. Minta krim pembersih khusus kepada penjual atau toko jaket. Biasanya mereka menyediakan. Harganya sekitar Rp50-70 ribu," tutur Dikin.

Ada pun kesalahan lain saat membersihkan noda di jaket adalah dengan cairan minyak kayu putih. Cairan itu bukan membersihkan melainkan akan merusak bahan jaket. "Perlu diingat noda terkena coretan tinta di jaket kulit tidak akan bisa hilang. Ini berlaku untuk bahan kulit lainnya, seperti tas, sepatu, atau dompet," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini