nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Senjata-senjataan Bolehkah Jadi Mainan untuk Anak?

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 16:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 01 196 1866576 senjata-senjataan-bolehkah-jadi-mainan-untuk-anak-4FIGQwe5pV.jpg Mainan senjata-senjataan baikah untuk anak? (Foto:Ilustrasi/Npr)


BERAGAM jenis mainan tersedia untuk anak-anak. Seperti dokter-dokteran, masak-masakan, rumah-rumahan, hingga mainan berbetuk senjata perang.

Sebut saja mainan pistol, pedang, atau panah. Semua mainan berjenis senjata tersebut akan dimainkan anak-anak dengan cara perang-perangan, di mana ada lawan atau musuh. Cara bermain seperti itu tentu dasarnya adalah perkelahian.

Hal ini rupanya menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orangtua. Sebab, anak seolah diajarkan untuk berkelahi, bermusuhan, saling menyakiti satu sama lain. Lantas, bolehkan anak bermain dengan mainan berjenis senjata?

BACA JUGA:

Wanita dengan 5 Zodiak Ini Bisa Menjadi Pasangan Hidup Terbaik Anda

Menurut Psikolog Klinis, Ratih Ibrahim, mainan berjenis senjata yang diberikan kepada anak-anak bisa menimbulkan dua dampak, baik dan buruk. Itulah mengapa saat bermain anak-anak harus didampingi.

"Apa pun jenis mainannya, anak-anak harus selalu didampingi dan dibimbing. Mereka perlu arahan tentang bagaimana memainkan mainan-mainan yang mereka punya sesuai fungsinya," tutur Ratih saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu di kawasan Jakarta Utara.

Khusus untuk mainan berjenis senjata, sambungnya, orangtua atau orang dewasa yang ada di sekitar anak harus membimbing untuk menjadikan mainan senjata itu difungsikan tepat sasaran.

 BACA JUGA:

8 Cara yang Harus Dilakukan agar Selamat dari Ancaman Stroke

"Tampilkan sosok kepahlawanan. Ajak anak-anak bermain menggunakan senjata untuk menumpas kejahatan. Dorong anak berpikir bahwa senjata hanya boleh digunakan untuk melawan kejahatan saja," beber Ratih.

Di luar tujuan itu, lanjutnya, senjata tidak boleh digunakan. "Ajarkan anak-anak senjata tidak boleh digunakan sesuka hati mereka. Ketika senjata ada di tangan maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab si pemegang," kata Ratih.

Anak-anak perlu mengetahui sejak dini tentang fungsi senjata. Mereka juga perlu penjelasan, bahwa siapa pun yang menyalahgunakan senjata, mereka sama saja seperti orang jahat, tidak memiliki jiwa kepahlawanan. Kenalkan juga anak-anak dengan tokoh karakter superhero atau penumpas kejahatan yang dibekali senjata. Seperti polisi, tentara, kesatria yang ada di cerita legenda.

"Sampaikan juga kalau senjata (mainan) disalahgunakan maka si pegang senjata akan mendapat hukuman. Jadi anak belajar bagaimana menjadi orang yang bijaksana saat memegang senjata. Selain itu, berikan juga contoh-contoh dari cerita super hero," tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini