nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Ikutan Brotherfood, Komunitas Berbagi Makanan ke Sesama

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 15:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 01 298 1866497 yuk-ikutan-brotherfood-komunitas-berbagi-makanan-ke-sesama-iX9etbDF73.jpg Ilustrasi menu makanan (Foto: Food52)

BANDUNG - Berawal kebiasaan membungkus makanan di tempat kerja, Jordan Syein mendirikan sebuah komunitas yang memiliki tujuan untuk berbagi makanan berlebih kepada sesama atau yang membutuhkan.

"Jadi Brotherfood itu sebuah komunitas untuk membuat kebiasaan baru di kalangan masyarakat, dengan cara membagikan makanan yang berlebih kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Pendiri Komunitas Brotherfood Jordan Syein, saat dihubungi di Bandung, Kamis (1/3/2018).

Menurut dia, Brotherfood terbentuk sejak 16 Januari 2018 yang dimulai dari kebiasaannya sering membungkus makanan berlebihnya di tempat kerjanya, dan hingga saat ini jumlah anggotanya mencapai sembilan orang.

Pada mulanya, Syein mengaku risih ketika melihat makanan yang terbuang sia-sia di tempat kerjanya di Jakarta. "Ketika saya melihat makanan yang terbuang sia-sia di kantor, itu di luar sana masih banyak saudara kita yang susah untuk makan," kata dia lagi.

Dia mengatakan saat ini Brotherfood sedang melakukan kampanye-kampanye untuk mengajak masyarakat melakukan kampanye berbagai makanan kepada sesama.

Komunitas ini bersifat terbuka, sehingga tidak ada syarat-syarat khusus untuk bergabung, asalkan makanan yang hendak dibagi masih bagus atau layak dikonsumsi. "Orang lain bisa ngelakuin ini kapan saja dan di mana saja, jadi sebagai langkah awal kita sekarang lagi kampanye untuk ngajak dulu," kata Syein.

Brotherood, menurut dia, mempublikasikan cara-cara mengemas makanan untuk dibagikan dengan layak melalui akun instagramnya @brotherfood_org.

(Baca Juga: Pengemis di China Terima Sedekah Secara Digital)

Biasanya, mereka membagikan makanannya untuk masyarakat yang lebih membutuhkan di sekitaran jalan dekat kantornya. "Target kita emang orang-orang yang lebih membutuhkan saja, daripada makanannya kebuang kan mending dibagiin tapi secara layak," ujar Jordan Syein.

(Baca Juga: Melihat Jejak Telapak Kaki Pertama Nabi Adam di Srilanka)

Ke depannya, jika sudah terbentuk tim baru dari setiap wilayah, mereka akan menerima donasi dalam bentuk makanan, alat pendukung seperti kertas nasi dan lain-lainnya, serta materi.

Jordan Syein berharap agar komunitas ini bisa berhasil membuat kebiasaan baru di kalangan masyarakat, khususnya pekerja kantoran dan juga mahasiswa. "Di saat bersamaan kita juga ingin merealisasikan visi zero waste dan zero hunger melalui Brotherfood ini," kata dia pula.

(Pesawat Transvia Terpaksa Lakukan Pendaratan Darurat karena Penumpangnya Tidak Berhenti Kentut)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini