nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Langkah Mudah agar Sisa Roti Tetap Segar dan Tahan Lama

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 18:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 01 298 1866521 4-langkah-mudah-agar-sisa-roti-tetap-segar-dan-tahan-lama-6xGPVDegT6.jpg Roti (Foto: Popsugar)

ROTI tidak bisa dipungkiri memang jadi salah satu makanan yang dijadikan banyak orang sebagai makanan andalan, baik itu untuk menu sarapan, sumber karbohidrat pengganti nasi, ataupun sekedar sebagai pengganjal perut di saat lapar.

Jika Anda termasuk salah satu tipe orang yang suka membeli roti dalam jumlah partai yang besar, padahal nyatanya roti-roti tersebut tidak langsung habis dalam sekali makan, tentu mengetahui trik untuk membuat bagaimana roti sisa tersebut bisa tetap segar lebih tahan lama adalah suatu hal yang wajib untuk diketahui.

 BACA JUGA:

Yuk Ikutan Brotherfood, Komunitas Berbagi Makanan ke Sesama

Lalu seperti apa cara membuat sisa roti bisa lebih tahan lama? Menyitat Popsugar, Kamis  (2/3/2018) ini dia ulasan 4 langkahnya.

1. Dalam kurun waktu 24 jam (maksimal) potong roti sisa tersebut, hindari menyimpan roti di freezer dalam keadaan tidak dipotong-potong menjadi irisan.

2. Langkah selanjutnya, ambil selembar kertas perkamen atau kertas lilin, taruh di atas loyang atau wadah. Kemudian baru letakkan, atur dan susun rapi potongan-potongan roti yang sudah diiris-iris tadi, barulah masukkan ke dalam freezer di lemari pendingin, tidak perlu ditutup, dan simpan sampai beku. Tidak perlu merasa khawatir karena kertas perkamen tersebut disebutkan mencegah remah roti yang lembut dan lembab agar tidak menempel ke wajan, dan lapisan tunggal akan mencegah irisan roti yang membeku ini saling menempel satu sama lain.

3. Setelah potongan-potongan roti ini sudah membeku, pindahkan irisan roti-roti ini ke dalam resealable freezer bag (kantung kemasan khusus freezer yang bisa dibuka tutup kembali), usahakan untuk menghilangkan membuang udara sebanyak mungkin dari kantung kemasan ini.

 BACA JUGA:

Beli Paket Buah di Supermarket, Seorang Ibu Klaim Temukan Tikus Hidup!

4. Barulah saat hendak ingin memakan roti-roti ini, ambil beberapa porsi potongan roti secukupnya yang bisa dimakan, lalu biarkan diamkan di suhu ruangan atau bisa juga langsung dimasukkan ke dalam toaster (dengan catatan butuh satu menit tambahan untuk dipanggang). Dengan ini maka tekstur roti sisa akan sekiranya 95 persen sebaik sesegar roti yang baru. Irisan potongan roti yang disimpan beku di dalam kemasan resealable freezer bag, diketahui akan tetap segar dan lezat untuk dinikmati kurang lebih selama enam bulan lamanya.

Cukup mudah bukan? Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini